Saturday, September 21, 2024
HomeKarawangPJT II Rengasdengklok Dukung Penuh Program Normalisasi Saluran Sekunder Wilayah Kecamatan Cibuaya

PJT II Rengasdengklok Dukung Penuh Program Normalisasi Saluran Sekunder Wilayah Kecamatan Cibuaya

JIB | Karawang, – Pemerintah Kabupaten Karawang Melalui Dinas PUPR, melakukan normalisasi saluran sekunder yang ada di wilayah Kecamatan Cibuaya. Pekerjaan tersebut di dukung penuh Muspika Cibuaya, Pemdes Se-Kecamatan Cibuaya dan masyarakat Se-Kecamatan Cibuaya serta pihak PJT II Rengasdengklok, dan juga elemen lembaga wilayah cibuaya.

Dilakukan pengerukan sebagai upaya untuk mengembalikan keadaan saluran yang saat ini penuh dengan sedimen/waled yang mengakibatkan pengendapan , pengurangan ketercakupan volume air yang mengalir. Hal ini dilakukan agar aliran air irigasi menjadi normal lagi sesuai fungsinya, Jum’at (06/10/23).

Ade Suherman yang sapaannya Golun sebagai Kaur OP PJT II Rengasdengklok Karawang mengatakan, Dinas PUPR Sumber Daya Air melakukan pengerukan di normalisasi jaringan saluran sekunder ditiap – tiap Desa lingkungan Kecamatan Cibuaya menggunakan excavator.

“Adanya kegiatan ini akan membantu para petani akan lebih terbantu dalam merawat saluran air, dan aliran air akan berjalan lancar sehingga dapat masuk ke area pesawahan para petani yang ada di wilayah Kecamatan Cibuaya, sehingga dapat digunakan olah tanah sawah di musim tanam,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan normalisasi irigasi saluran sekunder yang sedang berjalan dalam pelaksanakan, pihaknya sangat mendukung penuh, karena berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dengan tersumbatnya aliran air terjadi akibat sedimentasi dan adanya tumpukan sampah.

“Kita dukung penuh, karena dari hasil kegiatan normalisasi selain dapat memperlancar aliran air, dapat memperbaiki tanggul yang rawan kritis sebagai langkah antisipasi untuk menahan tambahan debit air guna mencegah adanya luapan air.ketika di musim penghujan tiba,” pungkasnya. (SUL/EY)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular