Penulis: Asep Saepullah, S.Pd.I Ketua Lembaga Pemberantas Korupsi Kabupaten Bekasi

Organisasi merupakan sarana prasarana dalam perkumpulan dan individu yang memiliki ide dan gagasan yang sama dalam mencapai tujuan yang di maksud.

Semua itu adalah kebutuhan manusia di muka bumi ini dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesamanya.

Di dalam berorganisasi, setiap individu dapat belajar untuk mengutamakan kepentingn organisasi daripada kepentingan pribadi mereka sehingga proses pembentukan karakter masing-masing, di organisasi sangat mempengaruhi keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh anggota dari suatu organisasi dan itu harus kesepakatan bersama.

Hal yang sangat penting dan fundamental di dalam sebuah organisasi adalah Loyalitas dan
Kebersamaan yang tinggi dari setiap anggota dan pimpinannya yang akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan organisasi mengingat adanya berbagai tantangan yang seringkali dialami oleh sebuah organisasi.

Tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, maka sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak akan mampu bertahan apabila di dalamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik.

Semua itu harus kita kembalikan kepada individu-individu masing masing.

Dan organisasi maupun perkumpulan atau kelompok itu harus mempunyai ide dan gagasan yang terkonsep, menurut pandangan saya harus ada Konsep ini di tubuh tersebut, yaitu ” I AM ELITE ” :

  1. Inovatif artinya harus mempunyai perubahan, dan berinovasi agar mempunyai ide ide baru untuk perkembangan sebuah organisasi dan golongan dan tidak keluar dari koridor misi dan visi.
  2. Acccotable artinya bertanggung jawab secara individu di dalam berorganisasi, agar bisa mengoreksi diri kita demi kemajuan organisasi.
  3. Mastery artinya kita harus menguasai materi,wawasan dan keahlian agar dalam berorganisasi bisa terarah.
  4. Excellence artinya keunggulan dan berkualitas agar yang kita lakukan terbaik buat organisasi dengan kebersamaan dan itu yang Anda bisa.
  5. Leadership artinya kita harus mempunyai jiwa kepemimpinan untuk organisasi agar terarah sesuai dengan konsep awal.
  6. Integrity artinya kejujuran dan ketulusan dalam sebuah organisasi dan golongan dan secara konsisten kita bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika.
  7. Teamwork artinya berkerja secara tim dan jangan sendiri sendiri, harus kita ciptakan tim yang kuat dan bersama membangun menuju tujuan organisasi.
  8. Ethusiasm artinya antusias dan semangat untuk berpikir positif dan berinovasi tinggi.

Itu semuanya harus ada di tubuh organisasi, kelompok, golongan dan sebagainya agar mencapai apa yang di harapkan.