JIB | Sidoarjo- Dinas Perumahan, Permukiman, Cipta Karya & Tata Ruang bersama USAID Indonesia menggelar peluncuran Program Pelayanan Penyedotan Lumpur Tinja untuk masyarakat Sidoarjo sekaligus Sosialisasi PERDA Nomor 5 Tahun 2018 terkait Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Retribusi Pengolahan Limbah Cair bertempat di FAVE Hotel Sidoarjo. Selasa kemarin (18/06/2019).

Peluncuran program yang dibuka langsung oleh Bupati Saiful Ilah tersebut, dipenuhi para tamu undangan dari perwakilan Kementerian PUPR REI, NU, Muhammadiyah serta organisasi – organisasi masyarakat lainnya.

Menghadirkan aktor – aktor pembangunan diantaranya Ir.Budi Raharjo,MSi selaku perwakilan dari USAID IUWASH Plus yang memaparkan secara jelas terkait PERDA No.5 Tahun 2018 yang baru saja diluncurkan, dan Ir.Sulaksono selaku Kepala Dinas P2CKTR,mengenalkan lebih rinci terkait implementasi Program Air Limbah Domestik di Kabupaten Sidoarjo.

Menjawab tantangan serta tuntutan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat saat ini Dinas P2CKTR bersama USAID Indonesia bekerja sama fokus pada target pembangunan Sarpras PALD dalam mewujudkan SDGs 2030 melalui Strategi Implementasi Pengelolaan Air Limbah Domestik diantaranya dengan SPALD Terpusat dan SPALD Setempat, mewajibkan pengembang, pengusaha perumahan, perkantoran dan kawasan perdagangan untuk membangun prasarana dan sarana air limbah dengan sistem komunal yang memenuhi standar teknis. Kedepan semua pengembang harus memiliki PALD sejak pengurusan IMB.

Bupati Saiful Ilah menyampaikan pentingnya meningkatkan pelayanan sanitasi dalam sektor air. Hal ini dibuktikan dengan memasukan L2T2 pada RPJMD Kabupaten Sidoarjo sebagai bentuk komitmen Sidoarjo meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Masih kata Saiful Ilah “Sidoarjo patut berbangga karena menjadi Kabupaten pertama yang menjadi pelopor dalam pengelolaan Air Limbah Domestik Komunal secara nasional”.

Aplikasi berbasis online Layanan e-Sedot Tinja Periodik secara langsung dapat diunduh dengan mudah melalui playstore pada smartphone masing – masing. Dengan begitu masyarakat sangat terbantu terkait permintaan jasa penyedotan Tinja secara periodik. (Dre)