Jurnal Indonesia Baru

Timnas U -16 Evaluasi Pasca Uji Coba Lokal Askab Bekasi Selection

JIB | Cikarang, Kabupaten Bekasi, –Usai menjalani uji coba kontra Askab PSSI Bekasi Selection, Sabtu kemarin (22/6/2019), Tim Nasional U-16 asuhan pelatih kepala Bima Sakti lanjut melakukan latihan rutin sekaligus seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bima masih melihat ada yang harus di evaluasi dari timnya. Rabu (26/06/2019)

Pada pertandingan tersebut, timnas U-16 menang tipis 2-1. Dua gol dicetak oleh Muhammad Valeron dan Ade M. Nur Saitua.

“Latihan hari ini lebih kepada perbaikan permainan tim, berkaca pada uji coba kemarin. Saat pertandingan banyak momen yang tidak bisa dimanfaatkan anak-anak. Misalnya saat harus melakukan transisi, dan penyelesaian akhir,” buka Bima.

Meski begitu, diakui oleh Bima, para pemainnya sudah memperagakan permainan apik dan terlihat sudah lebih baik. “Mereka semua ini kebanyakan pemain yang ditempa dari kompetisi Elite Pro Academy PSSI U-16, jadi sudah terbiasa dengan pertandingan. Gol-gol yang terjadi prosesnya bagus semua. Mereka berani build up dari belakang dan melakukan transisi dengan yang baik,” jelasnya.

Untuk itu, Bima kembali rutin melakukan latihan. “Saat ini saya masih terus melihat dan memantau pemain-pemain, apalagi yang baru datang, usai Sabtu kemarin uji coba, ada banyak evaluasi yang harus dibenahi tim ini. Dari situ nanti kami lihat pemain-pemain mana yang lanjut atau tidak,” katanya.

“Selain itu, pada seleksi kali ini pilihan pemain sudah mulai mengkrucut dibanding TC pertama, dan secara spesifik kita lagi melihat kemampuan para pemain, apalagi di bulan Juli kami sudah intens melakukan pemusatan latihan,” tambahnya.

Bima menilai seleksi kali ini untuk melihat potensi beberapa pemain baru. “Ya, ini seleksi kita ingin melihat pemain yang baru. Tapi pemain lama bukan jaminan akan lanjut,” ujarnya. “Bisa saja pemain baru nanti kalau kemampuannya lebih baik dan punya potensi, mungkin bisa menggantikan pemain yang lama,” sambungnya.

Bima mengaku terbantu dengan adanya gelaran kompetisi Elite Pro Academy U-16 yang sedang dijalankan PSSI saat ini. Bahkan menurutnya, pemain yang saat ini sedang berkompetisi bisa terpantau oleh dirinya dan tak menutup kemungkinan dipanggil ke timnas.

“Jadi pemain yang dipanggil kemarin atau belum terpantau bisa terpanggil bulan Juli nanti. Mereka bisa untuk melengkapi untuk regulasi 23 pemain,” katanya. “Kita sudah punya kerangka tim dari seleksi kemarin di bulan puasa. Seleksi kemarin kita dapat setidaknya 28 pemain. Nantinya kita ciutkan lagi menjadi 23 pemain dan kita harap mereka bisa tunjukkan performanya,” tambahnya.

Akhirnya, Bima berpesan kepada para pemain, supaya mereka bisa tetap berlatih dengan baik. “Mereka harus menjaga performa dan konsisten agar kualitasnya tidak digantikan dengan pemain yang baru datang (seleksi),” tutupnya. (Dre)

Sum: Pssi.org