Jurnal Indonesia Baru

Fakhri Husaini Seleksi Pemain Kualitas Dan Tangguh Untuk Kejuaraan Piala Aff U-18

JIB | CIKARANG, BEKASI,- Tim Nasional Indonesia U-19 tergabung dalam Grup A kejuaraan Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam dari tanggal 4 hingga 19 Agustus 2019. Saat ini, tim asuhan pelatih kepala Fakhri Husaini sedang melakukan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, dari tanggal 1 Juli hingga 2 Agustus 2019.

Bersama Indonesia, di Grup A juga ada Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Indonesia akan memulai pertandingan perdananya melawan Filipina tanggal 6 Agustus 2019 di Stadion Di An, pukul 15.30.

Fakhri Husaini mengatakan bahwa dirinya sudah mempunyai gambaran tipe lawan yang akan dihadapi di grup A. Ia pun menyebut bahwa grup A diisi lawan-lawan yang mempunya kualitas, oleh karena itu dirinya akan mempersiapkan tim secara maksimal.

“Lima calon lawan kami tentu memiliki gaya dan karakter permainan yang berbeda. Ini tetap harus kami waspadai dan kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Yang jelas kami akan bekerja keras,” kata Fakhri, Rabu (3/7/3019).

Ditambahkan oleh Fakhri, untuk pemilihan pemain yang akan dibawa dirinya akan memilih sesuai kriteria. Saat ini, 33 pemain sedang mengikuti pemusatan latihan di Cikarang.

“Nantinya di susunan pemain Timnas U-19, kami akan benar-benar memilih pemain yang mempunyai kualitas serta tangguh dalam lima kriteria yang saya pegang. Yakni; fisik, teknik, skill, taktik, dan mental,” tutur Fakhri.

“Karena hanya pemain dengan kriteria hebat seperti itulah yang akan mampu mewujudkan impian kami,” sambung pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 tahun 2018 lalu.

Di waktu yang sama, hari ini, para pemain Timnas U-19 sedang mendapatkan materi tentang “Sport Nutrition and Sport Preventif Injury”. Materi ini diisi oleh Dr. Syarif Alwi Dokter Tim Nasional dan Fisioterapi Immanuel Maulang.

“Materi ini diberikan agar para pemain mengetahui dan sadar kalau mereka sebagai pesepakbola harus memperhatikan nutrisi atau asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Dan juga bagaimana cara mereka mempersiapkan diri dari pencegahan cedera di dalam atau di luar pertandingan,” kata Dokter Syarif Alwi.

Selain Piala AFF U-18 di Vietnam ini, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang.(Dre)