JIB | Kab Indramayu,- Pemerintah Desa (Pemdes) Sliyeg, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu mengadakan acara sedekah bumi. Rabu, (30/10/2019)

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Kegiatan sedekah bumi ini dimulai pada kemarin malam tepatnya pada hari Selasa, 29/10/2019, pukul 20.00 WIB dimulai dengan acara Istighosah atau doa bersama, dan dilanjutkan pada siang ini pukul 12.00 WIB dengan bersama-sama mengadakan doa bersama di sawah, selesai doa bersama dilanjutkan dengan acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk BUDHI SUARA dengan dalang Asep R dari Desa Gegesik-Cirebon
Digelarnya Ritual Adat Sedekah Bumi dengan hiburan Pertunjukan Wayang Kulit tersebut, berlangsung di halaman Desa Sliyeg, dihadiri unsur para pamong desa dan masyarakat umum, yang sengaja datang untuk menyaksikan pertunjukan hiburan gratis.

Kades Sliyeg (Kuwu) Warsito.SE sesaat sebelum membuka acara Ritual Adat Sedekah Bumi kepada mengatakan kepada Media online jurnalindonesiabaru.com. “Kegiatan ritual sedekah bumi ini dilakukan setiap tahun, kegiatan ini bentuk rasa bersyukur kepada Tuhan YME bersama masyarakat khususnya para petani siap menyambut musim tanam yang akan dilaksanakan pada beberapa pekan kedepan,” tuturnya

“Diharapkan untuk yang akan datang memperoleh hasil produksi pertaniannya cukup baik dan berkualitas, untuk dapat meningkatkan status sosial ekonomi masyarakat Sliyeg,” pungkas Kuwu Warsito.SE (Dre)