JIB | KARAWANG, -Berangkat dari obrolan biasa hingga muncul keinginan untuk membuat sarana wisata (Destinasi Wisata Lokal). Dengan semangat kebersamaan dan keinginan besarlah yang membuat, Ade Wahyu, Ketua BUMDES Sumberjaya, Kecamatan Tempuran tidak menyerah untuk mewujudkan hal tersebut.

“Pernah terpikir apakah bisa?., tapi karena kebersamaan dan dukungan dari Kepala Desa, pengurus dan anggota Karang Taruna serta masyarakat, dengan susah payah, pengorbanan dan keyakinan, yah jadi seperti inilah arena wisatanya,” papar Ade, saat di lokasi, Senin (13/9).

Menurut Ade, lokasi wisata yang dibuatnya di bawah pengelolaan BUMDES, Pemerintah Desa (Pemdes) dibantu Karang Taruna, diberi nama Wisata Jatidipala, karena lokasinya yang berada di area perkebunan jati. Resmi mulai dikunjungi pengunjung sejak bulan Juli 2020 lalu.

“Lokasi ini, kami beri nama Jatidipala, Alhamdulillah meskipun baru seumur jagung dengan nuansa dan konsep tampil beda, akhirnya wisata ini banyak diminati pengunjungnya, baik yang datang dari sekitar wilayah Kecamatan Tempuran hingga dari daerah lain di Kabupaten Karawang,” jelas Ade.

Lebih lanjut, dirinya kini terus melakukan pembenahan hingga pembangunan. Hal tersebut ia lakukan dari hasil konsultasi dan kordinasi dalam pengembangan wisata dengan Konsultan Kepariwisataan, baik sarana prasarana maupun dalam pengelolaan.

Apalagi diketahui dengan adanya program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, dalam menggalakan program ‘Wisata Desa’.

“Intinya kami sebagai pihak pengelola, akan terus melakukan penataan, baik dari sarana maupun prasarana, sehingga pengunjung yang datang akan menjadi nyaman dan aman, bahkan berupaya untuk selalu menyajikan hiburan dan permainan agar tidak muncul kesan membosankan atau menjenuhkan. Semoga Wisata Jatidipala menjadi tempat wisata keluarga yang menyenangkan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, salah seorang pengunjung dari Jayakerta Karawang, Janah (51), saat ditemui HS mengatakan, lokasi Wisata Jatidipala amat menyejukan dengan dinaungi pohon jati yang rindang, serta sarana permainan anak yang menyenangkan, hingga tempat selfi indah. Dan yang mengagumkan adanya arena selfi seakan kita berada di negara lain (Jepang-red) lengkap dengan kostumnya.

“Waduh pokoknya saya merasa nyaman, coba anak-anak juga bebas memilih permainan, bahkan kita juga bisa selfi seolah-olah kita di negara Jepang. Dan untuk tiketnya juga relatif murah ko, ngga percaya datang aja langsung biar tau,” tandasnya. (Supri)