Ranting NU Desa Pasir Adakan Festival Beduk Perdana

JIB | Kabupaten Bekasi – Hari Raya IDUL FITRI adalah dimana umat muslim kembali kepada kesucian setelah satu bulan penuh puasa dibulan Ramadhan, dan pada pergantian tanggal Muharram dari bulan Ramadhan ke Bulan Syawal sudah menjadi tradisi agama islam dengan mengumandangkan Takbir.

Menyambut bulan Syawal 1442 H/2021 M, NU Ranting Pasirsari bekerja sama dengan pemerintahan desa Pasirsari dan DKM Masjid At-Taqwa serta pemuda Kp.Pasirkonci mengadakan acara “FESTIVAL BEDUG DAN GEMA TAKBIR”, di halaman Masjid At-Taqwa Kp.Pasirkonci RT 16 RW 06 Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (12/05/2021).

Acara Festival yang digelar ini pesertanya hanya untuk dari pemuda Masjid dan Mushola se-desa Pasirsari, tidak untuk umum dengan jumlah peserta dibatasi dengan target 20 peserta, namun yang mendaftar hanya 8 peserta, dan itu dijelaskan oleh ketua panitia Ust.Marwan Wiganda yang juga menjabat sebagai ketua Tanfidiyah NU Ranting Pasirsari.

“Acara FESTIVAL BEDUG DAN GEMA TAKBIR ini hanya untuk wilayah Pasirsari saja dan ini yang perdana, kami membatasi jumlah peserta dengan target 20 peserta saja, dan pada pelaksanaanya peserta yang mendaftar hanya 8 peserta,” Ucap Ust Marwan kepada awak media yang meliput.

Dengan adanya jumlah peserta yang hanya ada 8 ini, Ust Marwan menjelaskan mungkin karena persiapan hanya 10 hari sebelum acara dan belum adanya kesiapanya group bedug pemuda pemudi Masjid dan Mushola karena harus latihan terlebih dahulu.

“Ya dengan tidak mencapai targetnya jumlah peserta mungkin dari minimnya persiapan karena hanya 10 hari saja, dan para pemuda pemudi masjid dan mushola belum siap karena kan mereka harus latihan terlebih dahulu,” Ucap Marwan.

“Harapan saya semoga kedepanya bisa lebih dari ini, dan lebih meriah lagi, karena kan saat ini kami membatasi segalanya, karena negara kita masih pandemi dan demi menjaga dari penyebaran covid-19,” Tutup Marwan.

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Pasirsari H.Suparta sangat mengapresiasi kegiatan Festival Bedug Perdana tersebut, karena memang sudah tradisi setiap malam takbir ada yang namanya takbiran yang diiringi tabuhan bedug, terlebih ini festival bukan hanya takbiran biasa.

Acara FESTIVAL BEDUG DAN GEMA TAKBIR ini juga hasil kerja sama dari Pemdes Pasirsari, NU Ranting Pasirsari, BPD Pasirsari, DKM Masjid At-Taqwa, Karang Taruna Pasirsari, Haruman, Relawan Pasirsari Siaga, CMCC Cikarang. (Prabu)