PERANGKAT DESA SE – KABUPATEN BEKASI DIBERIKAN SOSIALISASI DENGAN DPMD BERSAMA BPJS KESEHATAN CABANG CIKARANG

JIB | Kabupaten Bekasi,- Dalam rangka evaluasi dan percepatan penginputan data peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmentasi kepala desa dan perangkat desa (KP Desa), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi bersama BPJS Kesehatan Cabang Cikarang mengadakan sosialisasi bersama kepada perangkat desa se-Kabupaten Bekasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Cikarang Selatan pada hari Jum’at (11/03/2022).

Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat DPMD Kabupaten Bekasi, Dede Komalasari mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi oleh Kementrian Kesehatan terkait kepesertaan JKN segmen KP Desa di Kabupaten Bekasi.

Menurut Dede saat ini desa yang telah melakukan penginputan peserta dalam segmen KP Desa berjumlah 119 Desa dari total 180 Desa yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi oleh Kementrian Kesehatan terkait kepesertaan JKN segmentasi KP Desa di Kabupaten Bekasi. Saat ini baru sekitar 119 Desa dari total 180 Desa yang berada di Kabupaten Bekasi yang telah melakukan penginputan kepesertaan KP Desa bagi perangkat desanya,” tambahnya.

Dikatakannya dari 119 Desa tersebut masih banyak yang belum melakukan pemasukan data seluruh perangkat desanya sebagai peserta KP Desa. “ Kami berharap melalui kegiatan ini seluruh perangkat Desa yang berada di Kabupaten Bekasi dapat teregistrasi ke dalam segmen peserta KP Desa sampai akhir bulan ini,” imbuhnya.

Menurut Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Wely Trisna Aprinanda mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk sosialisasi dan pendampingan dari BPJS Kesehatan Cabang Cikarang dan DPMD Kabupaten Bekasi kepada perangkat Desa untuk melakukan penginputan kepertaan JKN segmentasi KP Desa.

Wely menambahkan saat ini jumlah perangkat Desa di Kabupaten Bekasi yang telah di-input menjadi peserta JKN segmen KP Desa sekitar 32 Persen. Ia berharap diakhir bulan Maret ini seluruh perangkat Desa di Kabupaten Bekasi dapat di-input sebagai peserta JKN segmen KP Desa.

“Kegiatan hari ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada perangkat Desa se-Kabupaten Bekasi untuk melakukan penginputan kepesertaan JKN segmentasi KP Desa. Diharapkan dengan pendampingan oleh BPJS Kesehatan dan DPMD pada akhir bulan Mei nanti seluruh perangkat desa telah masuk ke dalam kepesertaan JKN segmen KP Desa,” terangnya. (ADV)