Jurnal Indonesia Baru

Masyarakat Karyamulya Minta Pemkab Karawang Perbaiki Jembatan Utama Jalan Poros Desa

JIB | Karawang, – Jembatan jalan utama poros desa nampak rusak berat karena sudah dimakan usia yang hingga saat ini belum juga mendapatkan respon dari Pemkab Karawang, hal ini tentunya menjadi pertanyaan masyarakat Desa Karyamulya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Sabtu (22/07/23).

H Sining, salah seorang tokoh masyarakat mengatakan, bahwa kondisi jembatan yang dapat dilintasi hingga ke jalan utama poros desa yang sudah rusak berat saat ini sudah mengkhawatirkan, namun belum juga mendapat respon baik dari semua pihak terutama Pemkab Karawang.

“Seharusnya Pemda itu memprioritaskan terlebih dahulu pembangunan jembatan yang dapat dilintasi arah ke jalan utama poros desa, namun pada saat ini Pemkab Karawang melalui Dinas PUPR malah memilih membangun jembatan yang tidak jauh jaraknya dari jembatan yang butuh perbaikan untuk kepentingan masyarakat yang lebih banyak,” terangnya.

Sementara, Kepala Desa Karyamulya, H. Alek Sukardi S.H, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu merealisasikan pembangunan jembatan yang saat ini sedang dibangun. Namun, Pemdes juga sangat prihatin dengan jembatan jalan utama poros desa yang hingga saat ini belum juga diperbaiki.

“Ya sebagai Kepala Desa Karyamulya, saya berharap sesegera mungkin pihak Dinas PUPR Karawang merenovasi jembatan yang sudah ada. Karena, itu sudah mau ambrol dan itu jalan utama pintu masuk satu-satunya di desa saya,” jelasnya.

Lanjutnya, kalau jembatan poros desa itu sampai rusak, tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, maka Desa Karyamulya akan terisolir. Kalau jembatan yang baru sekarang dibuat jalannya itu gang tidak masuk mobil truk hanya mobil kecil atau mobil pribadi.

“Nah, jembatan poros desa itu satu-satunya yang bisa masuk mobil truk untuk pengangkutan padi pupuk logistik belanjaan dan lain sebagainya. Jika jembatan itu ambrol/ambruk ya sudah, Desa karyamulya menjadi terisolir,” ujarnya.

“Intinya, kita berharap kepada semua pihak terutama Pemkab Karawang segera mungkin mengambil tindakan, dan saya sudah menyampaikan hal ini ke Bupati, Wakil Bupati, Anggota Dewan, Dinas PUPR Karawang dan lewat berbagai macam kesempatan saya sudah melaporkannya dan meminta agar segera ada perbaikan jembatan jalan utama poros Desa Karyamulya,” pungkasnya. (SUL/EY)