Jurnal Indonesia Baru

Polda Metro Jaya, Kemenko PMK dan Kemen LHK Tanam 10 Ribu Pohon di SPN Lido

JIB | Kabupaten Bekasi —Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Twedi Aditiya Benyadi mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan jajaran untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan di Momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78.

Oleh karena itu, pihaknya mengatakan, dengan program bertajuk ‘Polri Pelestarian Negri Penghijauan Sejak Dini’ dengan melakukan penanaman ribuan pohon ini dirinya berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga alam sekitar.

“Bertepatan dengan HUT RI ke 78, hari ini kami Jajaran Polres Metro Bekasi melakukan kegiatan penanaman pohon progam dari bapak Kapolri, Polri peduli lingkungan agar tetap menjaga alam dan lingkungan dengan polri lestari penghijauan sejak dini,” kata Twedi saat ditemui usai kegiatan, pada Jum’at 18 Agustus 2023.

Ia menyebut, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di kampung Pasir Konci, Desa Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi ini merupakan titik wilayah hukum Polsek Cikarang Selatan yang ditentukan untuk melakukan penanaman pohon.

“Kegiatan ini serentak, Polda Metro Jaya bersama dengan Kemenko PMK dan Kemen LHK menanam 10 ribu Pohon di SPN Polda Metro Jaya dan tersebar di Polres serta Polsek Jajaran Polda Metro Jaya,” sebutnya.

“Untuk di Polres Metro Bekasi kami melakukan di Polsek Cikarang Selatan dan serentak di wilayah hukum kami,” sambungnya.

Adapun upaya perawatan, kata dia, pihaknya sudah bekerja sama dengan Disperkimtan, DLH Kabupaten Bekasi untuk kedepannya dilakukan perawatan berkala dan penghijauan.

“Kami sudah berkerja sama dengan dinas terkait tentunya TNI Polri akan melakukan perawatan setelah ini bukan hanya menanam saja akan tetapi melakukan perawatan tanaman, dan titik kultur tanah mana saja yang cocok dilakukan penanaman pohon itu teknisnya ada di dinas Perkimtan,” ujarnya.

Saat disinggung terkait upaya mengurangi polusi udara di Kabupaten Bekasi, ia mengatakan, dengan melakukan penanaman pohon itu dapat sedikitnya mengurangi pencemaran polusi udara yang terjadi saat ini.

“Saya rasa program pemerintah daerah itu pun pasti ada dengan melakukan penanaman pohon ini, upaya mengurangi polusi udara, kita akan terus berkolaborasi dengan dinas terkait untuk kedepannya melakukan penanaman pohon secara berkala,” bebernya.

Sementara itu, Sekdes Pasirsari, Ida Hamidah mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Polri melalui Polres Metro Bekasi dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan di wilayah Desa Pasirsari.

“Dengan melakukan kegiatan penanaman pohon ini, kami tentunya mewakili pihak Desa Pasirsari sangat berterimakasih, karena desa kami menjadi pilihan untuk kegiatan tersebut, kedepannya tentu kami bersama warga sekitar akan terus berupaya melakukan perawatan,” kata Ida.

Dirinya menjelaskan, kegiatan demi kegiatan dalam melakukan kebersihan lingkungan, pihaknya juga bersama masyarakat secara rutin bersih-bersih di hari Jum’at pagi (satu Minggu sekali).

“Kami rutin setiap Jumsih Jum’at bersih bersama masyarakat disekitar di setiap RW di Desa Pasirsari, sekali lagi kami sangat berterimakasih kepada Polres Metro Bekasi atas kegiatan penanaman pohon ini kami akan selalu menjaga dengan baik kedepannya,” jelasnya.

Menanggapi kurangnya penerangan di lokasi, Ia berpesan, kepada dinas terkait dalam upaya dilakukan penerangan jalan umum PJU di sekitaran taman.

“Kami juga berpesan kepada dinas perhubungan Kabupaten Bekasi, untuk penerangan jalan di perbaiki, karena di lokasi ini kalau malam gelap jadi rawan kejahatan jalanan, supaya taman ini bisa indah kalau malam hari bukan hanya di pagi saja,” tandasnya.(A.Riiri).