Jurnal Indonesia Baru

Demi Meraup Keuntungan Besar, Kasek SDN Telukbango V Diduga Langgar KIP

JIB | Karawang, – Dalam rangka meningkatkan dunia Pendidikan, Pemerintah menurunkan bantuan melalui berbagai program dengan menggelontorkan dana cukup besar dari ratusan juta rupiah hinga sampai miliaran rupiah.

Hal tersebut guna mendukung pembangunan sarana dan prasarana demi tercapainya keamanan dan kenyamanan proses belajar mengajar siswa didik yang ada di setiap daerah, Senin (02/10/23).

Namun, sangat disayangkan hingga sampai saat ini pihak pelaksana pembangunan rehabilitasi gedung SDN Telukbango V Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, diduga tidak memasang papan informasi dan gambar skala proyek pekerjaan.

Pantauan jurnalindonesiabaru.com, Senin (02/10/23) dilokasi pembangunan rehabilitasi ruang kelas, yang tentunya menyerap anggaran hingga ratusan juta rupiah, dimana dalam pekerjaan rehabilitasi gedung ruang kelas tersebut diduga terkesan tidak transparan.

Ketidaktransparanan nya karena tidak adanya gambar skala proyek pekerjaan dan papan informasi.Entah faktor kesengajaan atau faktor kelalaian, dengan tujuan akan meraup keuntungan yang lebih besar. Hal ini menjadi dugaan adanya akan melakukan kecurangan kwalitas mutu dengan hasil pengerjaan asal jadi.

H. Kana selaku Kepala Sekolah SDN Telukbango V waktu dikonfirmasi lewat WhatsApp mengakui, terkait papan informasi yang harusnya di pasang di tempat lokasi pembangunan rehabilitasi ruang kelas dengan alasan belum dibuatnya.

“Tentang papan informasi kita belum sempat membuatnya, karena saya mau pesan kepada seseorang dan belum ketemu sama orang tersebut,” pungkasnya.

Perihal proyek apapun yang sumber pendanaannya dari Negara Seharusnya mengacu kepada UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) No. 14 Tahun 2008, serta Perpres No. 54 Tahun 2010 dan Perpres No. 70 Tahun 2012 bahwa setiap bangunan yang dibiayai negara harus memasang papan proyek, termasuk gambar skala proyek. (SUL/EY)