Jurnal Indonesia Baru

Serentak Tanam 100.000 Pohon, Kantor Pertanahan Sebandung Raya Peringati Lingkungan Hidup Sedunia

JIB | BANDUNG BARAT,- Kementrian Kementerian ATR / BPN (Agraria / Badan Pertanahan Nasional) di Hari Lingkungan Hidup Se Dunia berkomitmen menjaga lingkungan dari pemanasan Global dan juga kerusakan lingkungan dengan menggelar penanaman serentak 100.000 pohon se Indonesia dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia,yang terpusat di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Rabu(5/6/2024).

Seedangkan Kantor Pertanahan Kab.Bandung Barat,Kantah Kab.Bandung, Kantah Kota Bandung,Kantah Kota Cimahi yang berada di wilayah 4 Jawa Barat Juga turut serta berpartisipasi melaksanakan penanaman pohon yang di laksanakan di Desa Cicangkang Girang, Kec.Sindangkerta.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung Barat, Iim Rohiman, beserta Jajaran, Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Kota Cimahi, IKAWATI ATR/BPN Kab/Kota di Wilayah 4, Kepala Desa Cicangkang Girang, Camat Sindangkerta, Danramil 0902 Sindangkerta, dan Kapolsek Sindangkerta.

Sebelum penanaman pohon, diadakan Zoom meeting virtual yang diikuti seluruh Kantor Pertanaham Wilayah, dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Dalam sambutanya, Menteri ATR/BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Kantah Wilayah 33 Provinsi dan 449 Kantah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Menurutnya,hari ini spesial setiap tanggal 5 Juni bangsa-bangsa sedunia memperingati World Environment Day.

“Tentu saja bangsa Indonesia ingin selalu menjadi dan bukan hanya sebagai warga negara yang bertanggung jawab tetapi juga Champion, menjadi salah satu juara dalam urusan pelestarian lingkungan hidup,”ungkap AHY.

Lebih lanjut,AHY menerangkan,bahwa dalam semangat peringatan Hari Lingkungan Hidup Se dunia ini kita galakkan dan kita lakukan secara serentak penanaman pohon 100 ribu pohon se Indonesia.

“Mudah-mudahan bisa berkontribusi pada lingkungan hidup kita. Semoga kegiatan ini kedepannya menjadi habits, dan budaya di Kementerian ATR BPN dimanapun berada,”terangnya.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung Barat Iim RohimanS.H, M.H melalui Agus Suharto selaku panitia pelaksana mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Menurut Agus, dalam ini kami berperan ikut serta untuk mengikuti dan melaksanakan arahan intruksi dari Mentri AHY dalam kegiatan penanaman pohon sebanyak seratus 100.000 pohon di seluruh kantah-kantah di seluruh indonesia yang berpusat tadi di bekasi,ujarnya.

Khusus di Bandung Barat ini plaksanaan penanaman pohonnya dilakukan bersama Kantah-Kantah Se-Bandung Raya di Desa Cicangkang Girang.

Agus berharap dengan adanya, penanaman pohon ini agar nantinya bisa menjadi manfaat kepada masyarakat khususnya masyarakat desa cicangkang girang umum seluruh masyarakat Bandung Barat dan juga bisa memberi nilai ekonomi bagi masyarakat.

Sementara Kepala Desa Cicangkang Girang Tatang Subarna mengatakan, pada prinsipnya sangat setuju dan sangat mendukung sekali terhadap program yang di canangkan oleh Kementrian ATR/BPN pusat.

Menurutnya,apalagi ini kan berkaitan dengan hari lingkungan hidup sedunia, penanaman pohon ini kedepannya bisa di nikmati dan dimanfaatkan dalam hal penghijauan.

Ia juga berharap,mudah mudahan bisa menjadi suatu hasil yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat terutama dalam situasi kondisi sekarang adanya pemanasan Global serta oksigen sudah berkurang sehingga perlu penanaman pohon seperti ini terutama di wilayah semacan ini di perbukitan yang kiranya bisa dikatakan lahan rawan longsor,harapnya.

Atas nama pemerintah pihaknya, Desa Cicangkang Girang mengucapkan terimakasih dengan adanya program ini dan perlu di contoh kementerian lain untuk melaksanakan penghijauan karena manfaatnya bisa langsung di rasakan oleh masyarakat, apalagi di perkampungan ini masyarakatnya bercocok tanam,ucapnya.

(Wawan/Onot)