Jurnal Indonesia Baru

Hut ke 23 Cimahi, Dinas Lingkungan hidup Kota Cimahi Gelar Uji Emisi Gratis.

JIB | CIMAHI, — Pada Rangkaian HUt Kota Cimahi ke 23, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi menggelar uji emisi kendaraan pribadi roda 4 secara gratis di Jalan gedung empat,karangmekar Cimahi Tengah,selasa (11/6/2024).

Ahli Muda Pengendali Dampak Lingkungan DLH Cimahi, Lucky SM menjelaskan kegiatan uji emisi ini telah rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun secara gratis di 3 tempat.

Namun menurutnya, pada pelaksanaan uji emisi yang sekarang ada hal yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu targetnya sekarang ada 1500 kendaraan pribadi Roda empat(4) yang akan diuji emisi,jelas lucky kepada wartawan saat ditemui di sela sela kegiatan.

Pihaknya berharap masyarakat Kota Cimahi bisa berpartisipasi dalam kegiatan uji emisi Gratis ini.

Lebih lanjut, Lucky mengatakan,bahwa ini iuga merupakan bagian dari program kementrian lingkungan hidup yakni program EKUP (Evaluasi kualitas Udara Perkotaan).

Selain itu, ini juga sebagai ajang untuk mengintegrasikan SIUMI (System informasi uji emisi) yang dicanangkan oleh kementrian lingkungan hidup.

Tentu uji emisi ini ada manfaatnya berdasarkan permen LH No.8 tahun 2023, karena Kementrian Lingkungan Hidup sudah menyampaikan kepada Kementrian dalam Negri terkait Uji emisi kendaraan ini.

“Bahwa sebetulnya nanti kedepannya bagi yang sudah melakuakan uji emisi akan mulus lancar dalam pengurusan perpanjangan STNK di samsat”,ujatnya.

Tapi kita juga sedang menunggu juga dari Mentri Dalam Negeri ke gubernur,kepala daerah di kabupatan/ kota,sehingga nanti kedepannya ini betul betul bisa diterapkan di semua kabupaten/kota.

Dari pantauan sejumlah kendaraan roda 4 pribadi diarahkan oleh polantas dan PM untuk mengantri melakukan uji emisi dengan tertib dan lancar.

(Rahmat)