Friday, October 18, 2024
HomeDaerahTenksaw Mandiri Sejati Gelar Adu Ketangkasan Domba Dihadiri oleg Mendag, Jeje dan...

Tenksaw Mandiri Sejati Gelar Adu Ketangkasan Domba Dihadiri oleg Mendag, Jeje dan Raffi Ahmad

JIB |™Kabupaten Bandung Barat,- Tenksaw Mandiri Sejati yang di bawah naungan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) menggeelar Pelestarian seni budaya lokal berupa pamidangan adu ketangkasan domba Garut di Desa Situwangi Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, pada Sabtu (20/7/2024).

Ribuan warga Kecamatan Cihampelas, kabupaten Bandung Barat hingga wilayah lainnya, antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya pamidangan adu ketangkasan domba Garut. Bahkan pada kesempatan itu, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan, artis Rafli Ahmad dan Jeje Richie Ismail (calbup Bandung Barat) hadir di tengah tengah ribuan penonton.

Mendag Zulkifli Hasan membuka gelaran tersebut, Ia mengapresiasi gelaran pelestarian budya yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Inilah keaneka ragaman Indonesia, kalau ditempat saya adu kuda kalau di sini adu ketangkasan domba, ini namanya kearifan lokal harus dilestarikan,” kata Zulhas, sapaannya.

Lanjut Zulhas, Bandung Barat perlu pemimpin yang paham akan budaya dan kultur masyarakatnya ke arah kemajuan. Kehadirannya, selain memperkuat komitmen dalam melestarikan warisan budaya dan seni ketangkasan domba Garut, Juga bersafari politik untuk memperkuat dan mengenalkan calon Bupati Bandung Barat Jeje Ricie Ismail.

Penyelenggara yang juga Ketua pamidangan adu ketangkasan domba Garut Tenksaw Mandiri Sejati Deden Zaenal Arifin memaparkan, kehadiran Zulhas, Rafi Ahmad dan Jeje menambah antusiasi warga untuk menyaksikan adu ketangkasan domba yang datang dari berbagai wilayah Jawa Barat.

“Ini rutin kita gelar dua minggu sekali di lapangan ini. Kita berharap kegiatan rutin ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti UMKM, peternak domba khususnya harga domba adu,” jelas Deden.

Menurut Deden ada 800 peserta yang daftar pada pamidangan adu ketangkasan domba Garut tersebut, dan puluhan pelaku UMKM dari masyarakat Bandung Barat.

”Kita berharap seni ketangkasan domba Garut yang di selenggarakan ini, kedepannya mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah, agar lebih berkembang di sektor pariwisata, termasuk bantuan dana,” Pungkasnya.

Pamidangan adu ketangkasan domba Garut ini merebutkan Hadiah utama seekor Sapi, Kulkas, Mesin Cuci dan berhadiah menarik lainnya.

(Wawan Gunawan)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular