JIB | Kabupaten Bekasi- Polres Metro Bekasi menggelar apel gelar pasukan operasi ketupat Lodaya 2019, di Lapangan Polres Metro Bekasi, Selasa (28/5/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres AKBP Luthfie Sulistiawan. Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh 1.230 anggota pasukan apel yang terdiri dari Polri, Dishub, Satpol PP, dan Pramuka.

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini, Wakapolres Metro Bekasi sebagai pimpinan apel membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D. Dalam amanat ini Wakapolres Metro Bekasi menyampaikan operasi ketupat akan dilaksanakan selama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, dan sampai akhir hari raya.

Operasi ketupat dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaran tahapan Pemilu tahun 2019. Hal ini membuat potensi kerawanan yang akan di hadapi akan semakin kompleks. Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara serta untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga menumbuhkan ketenangan, rasa nyaman, dan aman bagi masyarakat.

Ada beberapa arahan yang harus disampaikan dalam pelaksanaan operasi ketupat jaya 2019 diantaranya:

1. Persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggara operasi.
2. Terus pertahankan kesiap siagaan dan kewaspadaan seluruh personil dalam menghadapi potensi gangguan.
3. Terus jaga dan pelihara soliditas dan sinergisitas seluruh komponen penyelenggara operasi.
4. Laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggan, dan rasa tanggung jawab, demi keberhsilan pelaksanaan operasi.

AKBP Luthfie Sulistiawan juga menjelaskan, “dalam pelaksanaan operasi ketupat jaya 2019 sebanyak 1.230 pasukan setelah ini akan segera kita geser dan kita akan floting kebeberapa titik dan pos dari ujung barat perbatasan Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi sampai ujung Timur Perbatasan Kabupaten Bekasi – Karawang tepatnya di Wilayah Kecamatan Kedungwaringin”, ucapnya saat di wawancara awak media.

“Hasil survey kita memang ada beberapa yang telah kita lakukan penutupan u-turn, sehingga akan mendorong kelancaran dari arus mudik nanti,” ungkapnya.

Pihaknya pun menghimbau, untuk masyarakat pengguna jalan diharapkan maklum dengan adanya penutupan u-turn itu, diharapkan demi untuk kelancaran arus lalu lintas para pengendara yang akan mudik. (Dre)