Jurnal Indonesia Baru

Jalin Kerjasama Pemerintah Daerah dengan para pengusaha di Kawasan Industri Di Bekasi Untuk Pekerja Lokal

JIB |Kabupaten Bekasi- Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, SH. Memimpin langsung sosialisasi Peraturan Bupati Bekasi No. 09 Tahun 2019 Tentang Kesempatan Kerja.

Bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja, H. Edi Rochyadi, Bupati Bekasi mensosialisasikan Perbup No. 09 dihadapan pengelola Kawasan Industri Delta Mas di Hotel Le Premiere, Delta Mas, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Selasa (02/0719).

Dalam kata sambutan Robertus, Pengelola Kawasan Delta Mas. Menyampaikan bahwa dalam menawarkan kawasan industri ke pemilik modal. Selalu ada pertanyaan apakah mudah mendapatkan tenaga kerja terlatih, apakah lokasi tenaga kerja dekat dengan kawasan industri dan lain sebagainya.
Menurutnya, hal – hal tersebut perlu disinkronkan dengan kebijakan pemerintah daerah setempat. Karena pembukaan kawasan industri akan menunjang penyerapan tenaga kerja.

Kata sambutan dari pengolola kawasan, H. Eka Supria Atmaja, SH, Bupati Bekasi mengatakan bahwa pembangunan di Kabupaten Bekasi saat ini menitik beratkan pada masalah pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, infrastruktur dan Ketenaga Kerjaaan.

Dari data BPS tahun 2018, ada 1 juta 600 ribu lebih tinggal di Kabupaten Bekasi.

Dan yang baru terserap baru sekitar 1 juta 400 ribu lebih. Ada sekitar 150 ribu lebih tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Terkait masalah tersebut, Bupati mengharapkan ada andil atau peran serta pemgusaha yang ada dalam kawasan industri Delta Mas untuk memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi Perbup No. 09 ini. Diharapkan terjalin silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan para pengusaha di Kawasan Industri. Sehingga terbuka kesempatan kerja bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.” Ujar Eka Supria Atmaja, SH dihadapan awak media yang datang meliput.

Menurut Bupati, para pengusaha ternyata sangat menerima kedatangan Pemerintah Daerah dan menyambut baik gagasan yang dibangun.

“Alhamdulillah, saat kunjungan kemarin (Kawasan Industri MM 2100). Kami mendapatkan 523 lowongan kerja.” Ujar Bupati Bekasi.

Terkait teknis penerimaan tenaga kerja. Bupati Bekasi menyerahkan kepada dinas tenaga kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.
Selanjutnya Bupati meninjau Japanese School dan Pabrik Mitsubishi.( END )