JIB | Cikarang Timur, Bekasi- Hari ini bersama muspika kecamatan Cikarang Timur di pimpin oleh camat cikarang Timur Ani Agustin sidak langsung ke pembuangan sampah illegal di kampung ceger RT 01/03 Desa Tanjung Baru kecamatan Cikarang Timur.

Dengan demikian Penangan sampah itu langsung di tanganin oleh camat, koramil, polsek, aparat Desa Tanjung Baru hari ini juga di bersihkan bersama-sama, agar sedap di pandang mata, selang beberapa lama ada masyarakat membuang sampah langsung di tanganin dan di berikan sanksi.

Camat Cikarang Timur Ani Gustini yang biasa di sapa Umi mengatakan alhamduillah pada Hari kita bersama Muspika kecamatan Cikarang Timur sedangan membersihkan sampah yang ada di kampung ceger, gundukan sampah ini akan kita bersihkan dan kita buang di TPS Burangkeng dengan satu unit mobil sampah yang sudah siap.

“Selain itu juga saya minta tadi ibu yang buang sampah sembarangan kepergok sama kita, harus kita tangani dan di berikan sanksi agar sadar akan membuang sampah sembarangan dan harus ada surat tertulis atau berita acara kepada si ibu agar tidak mengulangi lagi buang sampah sembarangan ” Jelasnya.

Masih kata Umi. Dengan dibersihkan sampah oleh muspika tadi, saya berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi, dan apabila masih melanggar akan kita berikan sanksi, tapi insya Allah dengan ada program Bupati kita akan taru bak sampah di sini. Untuk masyarakat ceger Desa Tanjung Baru.

Deden Solahudin Sekdes Tanjung Baru kepada Jurnal Indonesia Baru mengatakan penangan sampah ini adalah salah satu kepedulian kami sebagai aparat Desa maupun Muspika untuk menagani sampah yang ada di wilayah Desa Tanjung Baru salah satunya di RT 01/03 kampung ceger.

“Bukan hanya itu, masyarakat juga harus Peduli terhadap lingkungan masing-masing, intinya satu buanglah sampah pada tempatnya, dan sadar akan kebersihan.” Ungkapnya.

Deden juga memaparkan, ini adalah salah program Bupati Bekasi tentang penangan sampah, bukan hanya itu di seluruh wilayah atau Desa-Desa akan di berikan bak sampah oleh pemkab Bekasi, ya salah satunya Desa kita akan di berikan bak sampah, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Tempat terpisah Ketua Wahana Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (WPLHI) Kabupaten Bekasi Syarifudin mengatakan mensikapi permasalahan sampah di kabupaten Bekasi salah satunya di kecamatan Cikarang Timur dan masyarakat harus di berikan idukasi oleh aparatur desa terkait sampah yang menjadi PR besar di pemerintahan kabupaten Bekasi khususnya di kecamatan Cikarang Timur.

“Pemerintahan kabupaten Bekasi harus memberikan solusi salah satunya membuat bak sampah di setiap dusun, agar tidak terjadi lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan” Jelasnya.

Syarifudin yang biasa panggil panjalu. Berharap ke depan masyarakat sadar akan kebersihan di tiap-tiap wilayahnya masing-masing, sait epek sesuai motto Kabupaten Bekasi “BEKASI BARU BEKASI BERSIH”. (Endang)