JIB | Majalengka – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Bandara Kertajati pada Hari Sabtu kemarin (6/7/2019).

Kunjungan tersebut untuk melakukan peninjauan aktivitas penerbangan Bandara Kertajati. Kunjungan Menhub didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, Dirjen Hubud Polana Banguningsih Pramesti, Prsiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur DAMRI Setia Milatia Moemin.

Dalam kunjungannya terdapat beberapa hal yang menjadi point penting sebagai upaya agar bandara dapat beroperasi maksimal yang di lakukan Kementerian Perhubungan. Hal yang pertama yaitu akses jalan tol Cisumdawu yang menuju Bandara kertajati masih dalam proses pengerjaan. Menhub telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan ditargetkan akan rampung tahun depan.

Menhub meminta agar semua pihak yang akan menuju kertajati untuk bersabar dengan pembangunan tol Cisumdawu. Tol Cisumdawu merupakan akses penting yang bisa memangkas waktu perjalanan dari Bandung menuju BIJB, jika tol tersebut selesai maka waktu yang ditempuh bisa 1 jam.

Menhub juga mengapresiasi program PT. Angkasa Pura II yang dinilai berhasil meningkatkan volume penumpang di Bandara Kertajati. Program optimpalisasi merupakan tindak lanjut dari permintaan Presiden Jokowi agar Bandara dapat digunakan secara baik dan maksimal. Menhub meminta agar tren baik ini terus dijaga agar Bandara Kertajati bisa menjadi andalan bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya dalam menggunakan moda transportasi udara.

Menhub juga menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah berencana menggratiskan perjalanan Bus Damri menuju Bandara Kertajati. Kebijakan Pemerintah Pusat tersebut merupakan upaya untuk mempermudah akses menuju bandara dan sambil menunggu Tol Cisumdawu jadi. Subsidi bus Damri gratis ini berlaku di tiga wilayah yaitu Bandung, Cirebon dan Karawang.

Selain Damri gratis pemerintah juga menyediakan jasa layanan eksekutif bagi penumpang asal Bandung menuju BIJB dengan heli taxi. (Dre)