JIB | Karawang,- Pemerintah Desa Kutaampel, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 3 tahun 2019 dengan membangun ratusan meter jalan lingkungan (jaling) dan jalan setapak (japak) disambut baik oleh warga sekitar, Kamis (31/10/19).

Menurut Kepala Desa Kutaampel, Rohmat, pembangunan jalan lingkungan di dusun pisangsambo dan jalan setapak di dusun lolohan tersebut dimaksudkan untuk memperlancar akses jalan para petani, karena selama ini memang jalan tersebut sudah rusak parah.

“Jaling yang dibangun tersebut dengan volume panjang 540 meter dan lebar 2.5 meter. Sedangkan bangunan japak volumenya dengan panjang lebih kurang 300 meter dan lebar 1.2 meter. Selebihnya DD diserap bangun Kampung KB di dusun pisangsambo,” katanya.

Dikatakannya, realisasi pembangunan dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar terutama dalam penggunaan tenaga kerjanya. Sesuai tujuan utama dari digelontorkan nya DD kepada masing-masing Desa. Dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Pastinya dalam pengerjaannya kita berdayakan masyarakat setempat pak, sesuai nawacita pak Jokowi,”imbuhnya.

Dengan selesainya pembangunan jaling, japak dan Ampung KB tersebut, menurutnya lingkungan desa akan semakin asri, karena selama ini jaling dan japak yang ada di desanya mayoritas belum pernah dilakukan pengecoran. Sehingga apabila musim hujan datang pasti jalan-jalan tersebut becek dan susah dilalui.

“Kalau jalannya becek dan susah dilalui pastinya perekonomian warga terganggu, dengan adanya pembangunan ini kami harap masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan yang dilakukan oleh desa kami,” ujarnya.

Rohmat, berharap dengan adanya pembangunan jaling dan japak tersebut, aktifitas perekonomian warga yang mayoritas bertani menjadi lebih meningkat. Adapun kewajiban warga dengan dibangunnya jalan tersebut adalah merawat jalan supaya awet dan tidak cepat rusak.

“Kalau jalan lingkungan dan jalan setapak sudah bagus harapan kita NJOP tanah menjadi meningkat dan penghasilan pemerintah khususnya Desa akan meningkat pula dari sektor pajak,” pungkasnya.(Sule/Ey)