Jurnal Indonesia Baru

Antisipasi Kerawanan Pilkades Polda Jabar (Direktorat Intelkam ) melakukan Korkom dan Cipta Kondisi di Wilayah Kabupaten Sumedang

Polda Jabar melalui Direktorat Intelkam melakukan Korkom dan Cipta Kondisi Antisipasi Kerawanan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Sumedang, KP Asep Ridwan H, SH ( Kanit dari Direktorat Intelkam Polda jabar, mengatakan telah bekerjasama dengan Polres Sumedang ( Satuan Intelkam ) dan Polsek Jajarannya serta dengan Unsur – unsur terkait bahkan dengan para calon kepala desa dalam rangka menciptakan pilkades aman, damai dan kondusif.

Bahwa Para calon kepala desa pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 telah mengikuti Deklarasi Damai Pilkades yang dilaksanakan di Pendopo IPP yang dihadiri oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Rabu (20/10), deklarasi damai merupakan sebuah ikhtiar agar penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Sumedang berjalan dengan aman, damai, dan kondusif, ujar Asep Ridwan.

KP Asep Ridwan yang saat ini berada di Wilayah Kabupaten Sumedang mengatakan, Pemilihan Kepala Desa serentak di Wilayah Kab. Sumedang sesuai Undang – undang No. 6 tahun 2014 dan PP No. 43 tahun 2014 tentang Desa, Permendagri No. 72 tahun 2020 tentang Desa telah di berlakukan pada tahun 2015 sebanyak 92 Desa, Pilkades serentak tahun 2018 sebanyak 93 dan tahun 2020 sebanyak 88 Desa, dan Pilkades serentak tahun 2021 sebanyak 89 ( delapan puluh sembilan ) Desa.

Pilkades serentak yang dijadwalkan tanggal 27 Oktober 2021 mendatang, diikuti oleh 89 desa di 26 Kecamatan 341 calon kades dan saat ini akan memasuki masa tenang dari tanggal 24 s/d 26 Oktober 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Jabar (Direktorat Intelkam) , Polres Sumedang dan Polsek jajarannya guna memberikan efek psikologis, masing-masing calon berkomitmen siap menang siap kalah, tidak menyebarkan berita bohong, serta money politic dan bagi seluruh Kades untuk mengikuti Pilkades dengan sebaik-baiknya, terutama mengarahkan, mengendalikan para pendukungnya untuk menjalankan aturan yang ada sehingga Pilkades Sumedang berjalan aman, damai, dan kondusif. dan “Selain itu, Pilkades harus aman dari Pandemi Covid-19 serta sukses menghasilkan Kades-Kades yang berkualitas, berdedikasi dan berintegritas dalam membangun desa,” ujarnya

“Polda Jabar (Direktorat Intelkam) berharap Pilkades di Kabupaten Sumedang tidak ada pertengkaran dan perselisihan yang dapat mengakibatkan gangguan kamtibmas. Pilkades bukan segala-galanya, namun salah satu bagian dari usaha, ikhtiar untuk dijalankan setiap enam tahun sekali di setiap desa,” terangnya.