Dit Intelkam Lakukan Korkom dan Monitoring Pillades Agar Terciptanya Pilkades Serentak Yang Kondusif



JIB | BANDUNG BARAT – Dalam rangka menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif Polda Jabar melaui Direktorat Intelkam yang di pimpin KOMPOL ASEP RIDWAN H, SH melakukan Monitoring, Pemantauan, Cipta Kondisi, Pemetaan Kerawanan Konflik, Korkom dengan Polres Cimahi ( Satuan Intelkam IPTU A. DODY HERMAWAN, S.H., M.H ), Polsek Jajarannya, Kecamatan / Desa (Panitia Pilkades / P2KD) serta melakukan komunikasi, silaturahmi dan pemantauan kepada Para Calon Kepala Desa terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Bandung Barat yang akan digelar pada 28 November 2021.

Tercatat ada 171 Calon Kades 41 Desa di 14 Kecamatan dan jumlah DPT kurang lebih sebanyak 275.116 jiwa, KOMPOL ASEP RIDWAN H, SH mengatakan telah melakukan pemantauan di wilayah Kab. Bandung Barat yang melaksanakan pilkades tahapan demi tahapan dari mulainya masa kampanye tanggal 22 – 24 November dan saat ini masa tenang dari tanggal 25 – 27 November dan kemudian pencoblosan pada tanggal 28 November 2021 serta dilanjutkan penghitungan suara.


“Di setiap tahapan pihak Kepolisian khususnya Polres Cimahi dan Polsek jajarannya telah melakukan pengamanan terbuka maupun tertutup. Pengamanan terbuka saat pelaksanaan kampanye, tanggal 22, 23, dan 24 November 2021 melibatkan sekitar 850 personel tersebar ke seluruh wilayah Kab. Bandung Barat yang saat telah melaksanakan kampanye Pilkades. Kemudian pada saat masa tenang ini, di gelar juga kegiatan dan jumlah yang sama, sesuai penyampaian dari pihak Polres Cimahi.


Menjelang hari pencoblosan dan penghitungan suara, menurut Asep Ridwan, telah memetakan sejumlah daerah yang dianggap rawan, kurang rawan dan tidak rawan terjadi konflik baik dilihat dari segi jumlah pemilih, massa pendukung (Parpol, ormas, tomas, todat dll), Tingkat Kontestasi Pilkades yang cukup tinggi diantara para Calon, bentrokan antar pendukung calon, money politik dan faktor-faktor lainnya serta melakukan kunjungan kepada beberapa calon kepala desa guna menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terkait Pilkades serta melakukan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana ( Surat Suara, Kotak Suara, lokasi TPS ) pada saat pencoblosan dan perhitungan suara nanti tanggal 28 November 2021.


Dari para Tim sukses dan calon kades yang berhasil di kunjungi dan ditemuin, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polda Jabar, Polres dan Polsek sudah mengawal pelaksanaan pilkades sampai saat ini berjalan aman dan kondusif serta menyampaikan kesanggupannya atau berkomitmen menjaga situasi pilkades berjalan aman, tertib dan kondusif sampai pelaksanaan pilkades selesai, dengan menerima apapun hasil perhitungan suara (terpilih atau tidak) dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas atau bahkan melakukan perbuatan melawan hukum,” ujar Asep Ridwan. (Red)