Pemdes Pusakajaya Selatan Gelar Rapat Minggon, Musyawarah Tradisi Hajat Bumi

JIB | Karawang, – Pemdes Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang, laksanakan rapat minggon desa yang setiap hari rabu. Disela – sela kegiatan tersebut yang sekaligus pembahasan akan dilaksanakannya gelaran hajat bumi yang akan dilaksanakan tiga hari tiga malam dilingkungan desanya, Rabu (18/01/23).

Dikatakan, Heri Herdiana ST, sebagai Kepala Desa PJS Pusakajaya Selatan, disela – sela rapat minggon desa yang setiap hari rabu dilaksanakan dirinya bersama staf dan jajaran, beserta pengurus hajat bumi dilakukan musyawarah untuk pelaksanaan yang akan digelar.

“Sambil rapat minggon kita lakukan musyawarah akan digelarnya tradisi hajat bumi yang akan dilaksanakan pada hari besok hingga selesai,” ucapnya kepada Jurnal Indonesia Baru (JIB) Rabu (18/01/23).

Lanjutnya ia mengatakan, bahwa tradisi hajat bumi adalah sebagai tradisi adat istiadat masyarakat yang ada di Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang, yang sering dilaksanakan dengan secara turun temurun.

“Proses tradisi hajat bumi dimulai dengan diadakannya musyawarah antara tokoh Pemerintah dalam hal ini Kepala Desa, Ketua RW dan Ketua RT dengan Tokoh adat. Musyawarah ini diadakan untuk menentukan waktu, tempat pelaksanaan, biaya yang diperlukan,” ujarnya.

Menurutnya, Tradisi Hajat Bumi, Adat Istiadat, Masyarakat Desa Pusakajaya Selatan dalam Inti kegiatan hajat bumi adalah ungkapan rasa syukur, pelestarian budaya leluhur, dan harapan adanya hasil tani yang baik serta masyarakat yang sejahtera.

Pelaksanaan tradisi hajat bumi akan digelar pada hari Kamis 19 Januari dan berakhir 23 Januari 2023. Dan akan ada beberapa pentasan kesenian tradisional, diantaranya topeng banjet, wayang golek dan untuk acara penutup siraham rohani. (Sule/Ey – Amir)