Friday, October 25, 2024
HomeKarawangMasyarakat Apresiasi Pemdes Makmurjaya Atas Capaian Dana Desa Tahap 2 Tahun 2023

Masyarakat Apresiasi Pemdes Makmurjaya Atas Capaian Dana Desa Tahap 2 Tahun 2023

JIB | Karawang, – Pemdes Makmurjaya, Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, yang hampir rampung dalam merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 2 Tahun 2023, besaran dana yang diterima direalisasikan untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan diberbagai sektor, sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, Rabu (02/08/23).

Dikatakan, Hj. Nining Nurnaningsih, S.Pd, Sebagai Kepala Desa Makmurjaya, bahwa pihaknya dalam merealisasikan DD tahap 2 Tahun 2023 telah bekerjasama dengan lembaga yang ada di Desanya, serta melibatkan warga sekitar dalam pengerjaannya, sehingga dapat mengentaskan kemiskinan serta menekan angka pengangguran.

“Realisasi DD, kami fokus untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan, diantaranya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Dusun Cibenda RT 13/14, dan pengaspalan jalan setapak di Dusun Karajan RT 02/01,” ucapnya, waktu ditemui jurnalindonesiabaru.com, diruang kerjanya, Rabu (02/08/23).

Menurutnya, peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan yang sudah dikerjakan kini mulai dapat dirasakan dalam perubahannya. Karena hasil pembangunan tersebut kini sudah bisa dinikmati masyarakat setempat, karena selama ini menurutnya kondisi jalan setapak dan TPST tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat hingga merlukan pembangunan.

“Semua dalam merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 2 Tahun 2023 untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan yang telah rampung, dalam pelaksanaannya secara swakelola dengan melibatkan masyarakat Desa sendiri, tidak melibatkan pemborong,” terangnya.

Lanjut, Hj. Nining Nurnaningsih, S.Pd, bahwa pembangunan yang sudah dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar, terutama dalam penggunaan tenaga kerja. Sesuai tujuan dari digelontorkannya Dana Desa kepada masing-masing Desa dengan mengutamakan dalam pengerjaannya warga sekitar.

“Hal tersebut, harapan saya dapat menjaga kerukunan antar warga dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dengan skala prioritas yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat menjamin pemanfaatan sumber daya secara optimal. Dan pastinya dalam pengerjaannya kita berdayakan masyarakat setempat, sesuai nawacita Pak Jokowi,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Sarma sebagai tokoh masyarakat mengatakan, adanya pembangunan yang hampir rampung dikerjakan dalam pelaksanaannya melibatkan warga sekitar dalam hal ini masyarakat mengapresiasi kinerja atas Pemdes Makmurjaya, dengan terbukti adanya peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan di berbagai sektor yang dapat meningkatkan perekonomian.

“Dengan terwujudnya pembangunan melalui berbagai kajian potensi yang mencakup segala aspek sehingga semua kebutuhan masyarakat sekitar dapat terakomodir. Selain itu dapat menciptakan lingkungan menjadi sehat dan aman,” pungkasnya.(SUL/EY – AMR)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular