Jurnal Indonesia Baru

PJT II Rengasdengklok Besama Kepengamatan Dan TPOP Bersihkan Sampah Di TUB 22 Batujaya

JIB | Karawang, – Dalam rangka menjaga saluran sekunder para tenaga pembantu operasional pemeliharaan (TPOP) yang sebutannya waker dan juru pengairan Tirtajaya, Batujaya dan Pakisjaya, bekerja dengan secara bergotong royong bersih – bersih sampah di saluran induk.

Kegiatan tersebut di saluran induk TUB 22 Desa Karyamulya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, agar air tetap bersih dan handal sehingga dapat mengalir dengan lancar, Selasa (26/09/23.

Disampaikan Acep Hidayat sebagai juru pengairan Tirtajaya, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk menjaga kebersihan saluran induk sehingga dapat menciptakan aliran air dapat mengalir hingga tempat tujuan yang dapat di gunakan para petani.

“Kegiatan ini atas instruksi Asmen Seksi Rengasdengklok PJT II, dengan melakukan pembersihan sampah eceng gondok maupun semak blukar untuk mendukung lancarnya saluran induk, dan nantinya air bisa tersampaikan kepada pengguna sehingga hasil pertanian akan lebih baik,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Arif Sugiharto, ST Sebagai Asmen Seksi Rengasdengklok PJT II, mengatakan kegiatan bersih-bersih di saluran induk mengingat merupakan jantung pertanian menuju Kecamatan Pakisjaya.

“Sejauh ini, kegiatan dilakukan di beberapa titik saluran induk yang masih banyak ganggang dan eceng godok serta sampah semak belukar. Dengan adanya tersebut akan mengancam penyempitan pada irigasi, juga bisa membuat aluran air tidak lancar,” terangnya.

Mengingat persoalan klasik kurangnya air yang hampir terjadi setiap tahun. “Kita diarahkan bersih – bersih sampah secara gorol bersama – sama agar bisa memperlancar air masuk ke areal pesawahan di wilayah Kecamatan Tirtajaya, Batujaya dan Pakisjaya,” pungkasnya. (SUL/EY)