Friday, October 18, 2024
HomeOPINIPenanggulangan Sampah Di Kali Cikarang Hilir, DPP GMI Menduga Tidak Maksimal

Penanggulangan Sampah Di Kali Cikarang Hilir, DPP GMI Menduga Tidak Maksimal

JIB | Kabupaten Bekasi, – Dewan Pimpinan Pusat Gabungan Masyarakat Indonesia (DPP GMI) mengeluarkan sorotan terhadap upaya penanggulangan sampah di Kali Cikarang Hilir, Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

Dalam peninjauan terbaru mereka, ditemukan bahwa penggunaan excavator dengan menggunakan bucket skala kecil diduga memberikan hasil yang tidak maksimal.

Menurut Sekertaris Umum DPP GMI, Asep Saepullah S.Pd.I, “Kami mengamati bahwa meskipun telah dilakukan upaya dengan menggunakan excavator, namun kapasitas bucket yang digunakan belum cukup efektif dalam mengangkut sampah secara optimal,” ujarnya.

Asep Saepullah S.Pd.I, juga menyatakan keprihatinan terhadap kondisi lingkungan sekitar Kali Cikarang Hilir diduga akan semakin memburuk diduga akibat dari ketidakmampuan pengangkutan sampah secara efisien.

“Kami menekankan pentingnya peningkatan kualitas alat dan teknologi yang digunakan dalam penanganan sampah untuk memastikan keberhasilan program penanggulangan sampah di wilayah tersebut,” terangnya.

Sekertaris Umum DPP GMI menambahkan, pihaknya mendesak Pemerintah Daerah (Pemda), terutama pihak terkait untuk segera melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap metode dan alat yang digunakan dalam penanganan sampah di kali tersebut.

‘Ini penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar,” ucap Asep Saepullah S.Pd.I, setelah mengamati hasil excavator bekerja dengan menggunakan bucket yang diduga tidak maksimal,” tambahnya.

Pemerintah daerah Kabupaten Bekasi dan pihak terkait belum memberikan tanggapan resmi terkait sorotan ini. Namun, diyakini bahwa masukan dari DPP GMI akan menjadi pertimbangan serius dalam upaya peningkatan kualitas penanganan sampah di wilayah tersebut. (Sam)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular