Thursday, September 19, 2024
HomeKarawangProyek Rehabilitasi Ruang Kelas SMPN 1 Batujaya Diduga Lemah Pengawasan dan Tidak...

Proyek Rehabilitasi Ruang Kelas SMPN 1 Batujaya Diduga Lemah Pengawasan dan Tidak Transparan

JIB | Karawang – Pembangunan rehabilitasi ruang kelas di SMP Negeri 1 Batujaya, Karawang, tengah menjadi sorotan. Pihak pelaksana proyek atau kontraktor diduga tidak transparan dalam proses pengerjaannya. Salah satu indikasi ketidaktransparan adalah absennya publikasi gambar rencana pekerjaan, yang biasanya menjadi informasi penting bagi masyarakat dan pengawas proyek.

Dugaan kuat muncul bahwa hal ini disengaja untuk menghindari pengawasan dari berbagai elemen masyarakat yang biasanya ikut serta dalam pemantauan proyek pembangunan. Proyek yang dijalankan oleh CV. Masadi Karya ini menggunakan anggaran sebesar Rp. 175.845.000,00 dari APBD Kabupaten Karawang tahun 2024.

Sejumlah pihak mempertanyakan transparansi proyek tersebut dan mengaitkannya dengan adanya dugaan lemahnya pengawasan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, yang seharusnya bertanggung jawab memastikan setiap tahap pembangunan berjalan sesuai prosedur.

“Kami melihat ada ketidakjelasan dalam proses pembangunan ini, terutama dengan dugaan tidak adanya gambar rencana yang dipajang. Ini menimbulkan kecurigaan terkait kualitas dan transparansi pelaksanaannya,” ujar salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Dugaan adanya dugaan lemahnya pengawasan dari Disdikpora Kabupaten Karawang, semakin kuat dengan minimnya tindakan atau respons terkait laporan yang masuk. Berbagai pihak berharap agar pemerintah daerah segera mengambil langkah tegas, memastikan pembangunan sesuai aturan, dan melibatkan masyarakat dalam pengawasan. (Red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular