Jurnal Indonesia Baru

Media Online Indonesia Teken MoU Untuk Majukan Usaha Kecil Menengah

JIB |Jakarta- Usaha Kecil Menengah (UKM) Ikatan Keluarga Minang (IKM) Nusantara melakukan penandatangan MoU dengan Media Online Indonesia untuk saling mendukung dalam kegiatan kedua organisasi ini, acara tersebut di laksanakan di Gedung Smesco, Jakarta. Rabu (20/12/2018).

Sosialisasi Program Pengembangan Kewirausahaan bagi Pengusaha Kecil dan Menengah khususnya bagi para anggota UKM IKM. Selain dengan MOI pengurus DPN UKM IKM Nusantara juga melaksanakan MoU dengan pengurus ORKESTRA

Chandra Manggih R selaku Ketua Umum UKM IKM Nusantara secara resmi membuka acara tersebut, didampingi oleh Bapak Anwar Sanusi Ph.D (SekJen Kemendes PDTT), disaksikan oleh para peserta. Acara yang bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri ini dihadiri oleh 300 peserta dan tamu undangan yang terdiri dari Pejabat setingkat Dirjen di Kementrian teknis, para Kolumnis serta anggota UKM IKM Nusantara. Acara sosialisasi itu berlangsung penuh antusias, khidmat dan interaktif.

Dalam sambutannya, Chandra MR menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sekaligus berkontribusi hingga acara dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

“Acara ini merupakan aktivitas penutup dari serangkaian program UIN yang diadakan sepanjang tahun 2018. UIN, adalah wujud nyata dari pelaksanaan program kegiatan di tahun 2018 dengan segenap Kementerian teknis terkait, seperti Kemensos, Kemendes PDT, Kemendagri, Kemenperin, dan Kemendag, ungkap Chandra. Ini juga menjadi catatan khusus yang nantinya menjadi agenda berkesinambungan sebagai Program Kerja di 2019” tegas Ketua UKM IKM tersebut.

Di kesempatann yang sama, para pejabat kementrian teknis juga diminta menyampaikan sambutannya secara beegiliran. Ibu Sri Yuniarti dari Kementerian Perindustrian, Bp. Rudi Sembiring sebagai Ketua Umum Media Online Indonesia serta pejabat undangan lainnya.

Anwar Sanusi Sekjen Kemendes menegaskan, bahwa para pelaku UMKM, bisa melakukan usaha pengembangan peningkatan ekonomi masyarakat di tingkat desa melalui keberadaan BUMDes. Umumnya, pelaku usaha kecil menengah ini masih belum mengetahui jenis bisnis yang tepat untuk dikelola.

Poempida Hidayatulloh mengedepankan pentingnya akan asas kesejahteraan umum sebagai landasan gerak bersama dari segenap komponen bangsa guna mensejahterakan rakyat indonesia dari seluruh lapisan.

Poempida menekankan soal kebutuhan kerjasama, membangun sinergi serta kontinuitas gerak bangun kesejahetraan bangsa.

“ORKESTRA sebagai garda terdepan dalam menyuarakan aspirasi bertemakan kesejahteraan rakyat, bertekad menjadi suryakanta bagi perwujudan tindaklanjut permasalahan kesejahetraan rakyat”, tegas Poempida.

Acara sosialisasi menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi Ibu Amrih Wigati – Plt Deputi bidang produksi dan pemasaran, Bp Dr. Undang Mugopal, SH, Mhum – Kepala Biro Hukum Kemendes PDT, Bp. Cotta Sembiring – BPJS Ketenagakerjaan, Bp. Rudi Sembiring Ketua Umum & Pendiri MOI (Media Online Indonesia), Bp Poempida Hidayatulloh – Ketua Umum Organisasi Kesejahteraan Rakyat (ORKESTRA), Bp.Rama Ardhi Segara , M.si – Kepala Seksi Ketahanan Produksi dan Investasi Kementerian Dalam Negeri mewakili Bp. Mayjen Purn Soedarmo Dirjen POLPUM Kemendagri. serta Bp. Iwan Febri – Direktur Bisnis Bagian II , Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

Dalam sesi diskusi panel LPDB, Bp Iwan Febri menjelaskan LPDB bisa menjadi salah satu solusi pembiayaan bagi para pengusaha kecil dan menengah. LPDB selalu siap untuk membantu.

Kesiapan LPDB jg disambut positip oleh ASKRINDO sebagai pendamping asuransi untuk pencairan dana dengan bunga yang rendah. Dari Kemendagri, Bp Rama juga mengungkapkan bahwasanya kedepan akan bisa di dilakukan kerja sama untuk sosialisai bagi forum keormasan di 10 daerah di Jawa dan Sumatera.

Selain tamu dan narasunber diatas, di acara ini juga hadir Kementrian Koperasi & UKM Bp. Ruly Nuryanto Deputi bid. Pengembangan ESDM – mewakili bapak menteri Koperasi & UKM, Bp.Dr. M O. Royani M.Si sekertaris Ditjen PFM mewakili dirjen PFM Kemensos Andi Z.A Dulung, Bp. Soedarsono mewakili Bp. Harry Hikmat Dirjen Jaminan Sosial Kemensos, Ibu Susi Suzana mewakili Walikota Jakarta Selatan, Bapak Erigan mewakili Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil Menengah serta Perdagangan, Ibu Riana Setia S Kementerian Perdagangan, serta perwakilan dari dinas lain. Acara ditutup pada pukul 13.00 wib.

Kiat sukses UKM IKM se Nusantara adalah tergantung dalam berbagai upaya terutama sikap keterbukaan berkolaborasi dengan berbagi pihak. Jadilah pengusaha yang mau dan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak. Banyak pihak terutama pemerintah diberbagai kementrian memiliki perhatian untuk UKM IKM se Nusantara. Disini organisasi UKM IKM Nusantara akan berperan membawa UKM IKM se Indonesia untuk lebih maju dan berkembang. (Red)