Jurnal Indonesia Baru

Peningkatan Profesionalisme Uji Kompetensi Wartawan Angkatan I Dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bekasi

JIB | Kabupaten Bekasi, – Sebanyak 36 Orang wartawan di Kabupaten Bekasi mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi Raya Bersama Humas Pemerintah Kabupaten Bekasi di Grand Cikarang Hotel, Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Kepada Jurnalindonesiabaru.com Ketua PWI Bekasi, Melody Sinaga menjelaskan, UKW merupakan kebutuhan para wartawan agar semakin bertanggungjawab dalam pekerjaannya, UKW yang terselenggara ini merupakan UKW perdana diadakan PWI Bekasi. Oleh karena itu, dari sejumlah peserta yang ikut serta dapat mengikuti ujian dengan baik dan lulus sehingga mendapat predikat berkompeten.” Katanya Rabu (26/06/2019) Malam

“Semoga dalam uji kompetensi hari ini, semua wartawan yang telah mendaftar bisa berkompeten semuanya. Walau memang semuanya itu balik lagi ke penguji,” kata Melody.

Di tempat yang sama Pelaksan Tugas (Plt) Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, menambahkan mengatakan bahwa wartawan itu adalah seseorang yang diharuskan menguasai pesan. Bila pesan yang disampaikan baik, maka publik yang mengkonsumsi berita dari wartawan akan menjadi baik. Begitu pula dengan sebaliknya jika si pesan yang disampaikan itu buruk, maka berdampak buruk pada publik.”Ujarnya

Dia mengatakan pentingnya uji kompetensi juga tidak terlepas dari maraknya informasi bohong alias hoaks di media sosial. Karena itu, UKW sebagai sarana agar wartawan yang diharuskan melawan hoaks semakin memiliki kredibelitas.
“Coba bandingkan di medsos berita bohong itu berseluyuran, harus kemana cari referensi kecuali pada media yang telah terverifikasi atau wartawannya yang sudah terverifikasi, paling tidak dia bisa cek fakta,” jelas Hilman.

Dia pun berterimakasih pada Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah membantu penyelenggaraan UKW. Menurutnya, bantuan kepada wartawan untuk peningkatkan mutu di dunia kerja jauh lebih penting.
“Saya bangga kalau pemda bisa membantu kesejahteraan fisik tapi bagaimana meningkatkan juga kualitas pekerjaan profesi wartawan,” tandasnya.

Agenda UKW ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 26 Juni sampai dengan 27 Juni 2019. Selain agenda UKW, dalam acara juga diselenggarakan acara penyerta yakni seminar Jurnalistik. (Dre)