Jurnal Indonesia Baru

Gelar Perayaan HUT RI Ke 74 PWI Bekasi Raya Angkat Tema Persatuan dan Kesatuan Dalam Menjalankan Profesi Kewartawanan 5W + 1H Harga Mati

JIB | KOTA BEKASI – Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi raya mengadakan rangkaian kegiatan puncak dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 74 dengan menyajikan berbagai macam lomba dan hiburan di kantor PWI Bekasi Raya Jln. Rawa Tembaga No.1Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Mengangkat Tema “Persatuan dan Kesatuan Dalam Menjalankan Profesi Kewartawanan 5W + 1H Harga Mati” Peringatan HUT RI Ke 74 di Kantor PWI berlangsung meriah adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut, yakni Panjat pinang, tarik tambang dan lain-lain yang diikuti oleh warga sekitar, Pengurus PWI maupun wartawan yang bertugas di Kabupaten maupun Kota Bekasi.

“Dalam sambutanya Ketua PWI Bekasi Raya Melody Sinaga mengatakan, Kami ucapkan Dirgahayu HUT RI ke 74, mari kita rajut Persatuan dan Kesatuan dalam menjalankan profesi kewartawanan.”Ucapanya Sabtu (24/08/2019) di Kantor PWI

Melody pun menyampaikan, ucapan terima kasih terhadap panitia maupun anggota PWI yang telah bekerja keras dalam persiapan kegiatan itu, pihaknya telah mengundang seluruh wartawan Bekasi maupun organisasi wartawan.

“Pada kegiatan tahun ini, kami telah mengundang seluruh Wartawan Bekasi, baik yang tergabung di PWI maupun tidak, terima kasih telah hadir dan ikut dalam kegiatan ini,” tuturnya

Perlu dipahami, terang Melody, pihaknya berharap seluruh wartawan Bekasi baik yang tergabung maupun tidak di PWI, agar sepaham, sejalan dalam merajut persatuan dan kesatuan, sehingga apabila terjadi hal-hal terkait permasalahan hukum dalam melaksanakan tugas jurnalisnya dapat diselesaikan secara bersama-sama sepanjang diketahui PWI sebelumnya.

“Intinya, kalau wartawan ini anggota PWI tersandung dan telah melaporkan sebelumnya ke PWI, maka akan kita bantu bersama-sama dengan perusahaan persnya, dan kami yakin semua permasalahan dapat kita selesaikan secara bersama dengan hati dan pikiran sejalan,” terangnya.

Sebab, menurut Melody dan diyakininya, dalam tema merajut persatuan dan kesatuan jelas apabila dijabarkan, artinya antara perusahaan pers, organisasi pers (PWI) dan wartawannya diharapkan bisa bersama-sama dalam pemecahan permasalahan tersebut.

Lebih lanjut, pihaknya pun menyampaikan amanat Ketua PWI Jawa Barat, bahwa agar membenahi perusahaan pers, karena PWI tidak akan memberikan Advokasi kepada wartawan diluar anggota PWI.

Pihaknya pun berharap agar rekan wartawan dapat memanfaatkan momentum kerjasama penyelenggaraan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) yang bekerjasama dengan pemerintah Daerah Bekasi Kabupaten maupunKota, sebab banyak manfaat yang didapat dari UKW bagi wartawan.”Ujarnya

“Kami pengurus PWI periode 2019 hingga 2021akan mengembalikan marwah dengan bukti kerjasama dengan pemerintah Kabupaten dalam pelaksanaan UKW kemarin, dan diharapkan bagi rekan yang belum agar ikut ditahun selanjutnya,” imbaunya.

Lebih lanjut, pihaknya pun menerangkan untuk UKW akan terus dilakukan setiap tahunnya, diharapkan rekan-rekan didalam dan luar anggota PWI dapat mengikuti, dan juga berharap pemerintah daerah pun mendukung program kegiatan yang baik PWI dengan tujuan baik tersebut. (Dre)