Jurnal Indonesia Baru

136 Anggota DPD RI Terpilih Resmi Dilantik

JIB | Jakarta,- Pengucapan sumpah atau janji Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia resmi diselenggarakan pada acara Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, di Ruang Rapat Paripurna I MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10 2019).

Pada pengambilan sumpah atau janji jabatan ini, sebanyak 136 Anggota DPD RI terpilih resmi dilantik. Pelantikan senator ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 98/P Tahun 2019 terkait Peresmian Keanggotaan DPD RI periode 2019-2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Reydonnyzar Moenek.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya mengingat dan seterusnya memutuskan menetapkan Keputusan Presiden tentang peresmian pengangkatan keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Majelis Permusyawaratan Rakyat masa jabatan ke tahun 2019-2024,” ujar Sekjen DPD RI.

Ke-136 senator diambil sumpah atau janji jabatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. ‘Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945,” tutur Ketua MA yang diikuti seluruh Anggota DPD RI.

Agenda pembacaan sumpah atau janji anggota DPD RI terpilih pada Sidang Paripurna ini dipimpin senator tertua dan termuda. Senator tertua yaitu Sabam Sirait, Anggota DPD RI dapil Jakarta berusia 82 tahun. Sedangkan, senator termuda yaitu Jialika Maharani, Anggota DPD RI dapil Sumsel yang baru berusia 22 tahun memimpin sidang pembacaan sumpah 134 senator lainnya.

Turut hadir menyaksikan pengambilan sumpah dan janji Anggota DPD RI terpilih ini Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Mufidah Kalla, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. (Dre)

Sum: dpr.go.id