Jurnal Indonesia Baru

Bupati Karawang Dapat Penghargaan Lencana Jasa Bhakti Darma

JIB | Karawang,- Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menyematkan tanda penghargaan Melati, Penghargaan Panca Warsa 1 sampai 5 dan Penghargaan lencana Karya Bakti, serta Penghargaan Pramuka Garuda, Siaga, Penggalang, Penegak, kepada penerima saat menjadi Pembina Upacara pada upacara Hari Ulang Tahun Pramuka Kabupaten Karawang ke 58 Tahun 2019 yang dipadukan dengan pembukaan Raimuna Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2019 ditandai dengan pemukulan Gong.

Selain menyematkan penghargaan tersebut kepada penerima. Bupati Karawang juga sekaligus sebagai Ketua Mabicab Pramuka Kwarcab Karawang Menerima penghargaan Lencana Jasa Dharma Bakti yang disematkan oleh Ketua Harian Kwarda Jabar Baim Setiawan.

Pemberian penghargaan serta pembukaan Raimuna Tahun 2019 tersebut berlangsung di Bumi Perkemahan Banyuapit Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang. Sabtu (26/10/19).

Tanda penghargaan merupakan tanda yang diberikan, sebagai penghargaan atas: perilaku yang luhur, kesetiaan, keaktifan; jasa, karya, dan darma baktinya; keberanian yang luar biasa, yang dianggap cukup berguna bagi kepentingan dan perkembangan kepramukaan.

Sedangkan penghargaan Lencana Jasa Darma Bakti sendiri yang diberikan kepada Bupati didasarkan pada kesediaan menyumbangkan tenaga, pikiran, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan dalam kepemimpinannya.

Pemberian tanda penghargaan ini bertujuan untuk: meningkatkan prestasi dan pengabdian setiap anggota Gerakan Pramuka dalam berbuat kebajikan dan membaktikan dirinya bagi kepentingan kepramukaan, masyarakat, bangsa dan negara, meningkatkan kegiatan kerja, bantuan untuk perkembangan kepramukaan serta memotivasi timbulnya keteladanan dalam usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Dalam sambutnya Bupati Karawang yang juga sebagai Mabicab Pramuka Kwarcab Karawang menyampaikan ucapan selamat kepada penerima penghargaan ini, gerakan pramuka menjadi momentum untuk mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat. Gerakan Pramuka mempunyai karakter pejuang di dalam sejarah bangsa indonesia.

“Gerakan pramuka harus kita kembangkan melaui revitalisasi kemajuan bangsa yang terletak pada generasi muda, Insya Allah adik-adik pramuka yang ada sekarang ini menjadi pelaku dalam berbangsa dan bernegara pada masa yang akan datang” Ungkapnya.

Lanjutnya, Beliau mengajak kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka dapat lebih mendorong perkembangan dan kemandirian generasi muda, Gerakan Pramuka merupakan suatu kegiatan yang dapat mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter, budi pekerti, etika dan akhlak, generasi muda yang lebih baik, sehingga generasi muda dapat menjadi anak bangsa yang bertanggung jawab dan handal pada masa depan.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong kemandirian Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan,” pungkasnya. (Sule/Ey).