JIB | Cibitung- Rendahnya kesadaran warga dan pengguna jalan ditambah lagi ketiadak adanya Tempat Penampungan Sementara (TPS) sejumlah bahu jalan di Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung, diantaranya pada ruas Jalan Jl. Ir Soekarno Hatta – Jl. Kampung Pisang Batu, yang lokasi sangat tidak jauh dari kantor desa Kertamukti berubah menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Selain membuat kumuh dan terkesan jorok, tumpukan sampah yang berasal limbah rumah tangga itu menimbulkan bau menyengat.

Parahnya lagi, meski banyak dikeluhkan warga, hingga kini belum ada upaya dari pihak Instasi Terkait

“Sampah yang ada dikiri dan kanan bahu jalan itu dibuang warga yang tiap harinya melintas di jalan tersebut,” ucap Iwan Warga Setempat

Saking banyaknya tumpukan sampah itu, ucap Iwan, saat turun hujan, sampah-sampah itu terbawa air hingga masuk ke persawahan yang ada di bawahnya jalan tersebut.

“Kebiasaan buruk warga yang membuang sampah dibahu jalan akibat tidak adanya tempat pembuangan sementara (TPS), sehingga hampir 70 persen warga memanfaatkan bahu jalan menjadi tempat membuang sampah.

Selama ini, sambung Iwan, sering berupaya untuk menyadarkan warga agar tidak membuang sampah ke bahu jalan tersebut ataupun di pinggir jalan lainnya, akan tetapi larangan itu sama sekali tidak pernah dianggap.

“Saya pun tidak bisa berbuat apa-apa lagi, karena memang warga sangat kesulitan pada saat akan membuang sampah,” Tambahnya Iwan (BOT/Red)