JIB | Karawang, – Pengalokasian Dana Desa tahap 3 Tahun 2019, Pemerintahan Desa Randumulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, prioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Selasa (05/11/19).

Dalam pelaksanaannya, Jamalulail, selaku Kepala Desa Randumulya, mengatakan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal, dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat.

“Pembangunan yang sudah kita kerjakan dengan dibiayai Dana Desa tahap 3 Tahun 2019, diantaranya jalan lingkungan di Dusun Randumulya 1, sehingga mulai kini dapat dirasakan dalam perubahannya,” ucapnya waktu ditemui Jurnal Indonesia Baru (JIB) diruang kerjanya, Selasa (05/11/19).

Lanjut, ia mengatakan dalam penggunaan Dana Desa selain bentuk pembangunan jalan lingkungan sebagian diperuntukan pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) di Dusun Gulampok. Dengan memastikan untuk pengalokasian Dana Desa untuk kegiatan peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan menjadi prioritas memperdayakan masyarakat.

“Hal tersebut, harapan saya dapat menjaga kerukunan antar warga dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dengan skala prioritas yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat menjamin pemanfaatan sumber daya secara optimal,” katanya.

Guna lebih mamasifkan percepatan pembangunan di Desa Randumulya, Dana Desa, menurutnya dapat dipergunakan untuk memperdayakan potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya matrial lokal, sehingga dapat mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, demikian.(Sule/Ey/M. Amir)