JIB | Karawang, – Camat Jayakerta dampingi Pemerintah Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak beberapa kepala desa di beberapa kecamatan untuk mendapatkan gambaran demfarm. Hal tersebut meninjau langsung kelokasi pertanian Demfarm di Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, Selasa (05/11/19).

Dikatakan, Camat Kecamatan Jayakerta, Drs. Budiman Achmad S.Sos, MAP, kedatangan Pemerintahan Malaka bertujuan untuk mendapatkan gambaran demfarm padi pertanian dalam penerapanya berinovasi teknologi modern yang akan dikembangkan di Jayakerta.

“Kedatangan mereka bersama rombongannya meninjau langsung kelokasi, karena lokasi ini sudah menjadi rekomendasi nasional, tidak menutup kemungkinan ke depan Jayakerta ini akan menjadi tujuan destinasi wisata edukasi pertanian,” ungkapnya.

Lanjutnya, ia mengatakan bahwa Demfarm padi adalah salah satu metode penyuluhan dilapangan untuk memperlihatkan secara nyata “cara” atau “hasil” penerapan suatau inovasi tenologi padi yang telah teruji dan menguntungkan bagi petani yang dilaksanakan oleh poktan.

“Demfarm yang ada di Jayakerta adalah dalam prakteknya sistem korporasi, jadi semua bidang pertanian peternakan Hortikultura pasca panen kita akan dipusatkan di Jayakerta,” ujarnya

Menurutnya, setelah adanya pengembangan dari hasil produk pertanian itu, dari mulai pembenihan sendiri dilakukan oleh kelompok tani. Sedangkan dalam pemasarannya sudah dikelola secara profesional melibatkan pihak ketiga dengan skala industri.

“Dengan adanya tersebut, saya sangat berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang, demfarm di Jayakerta untuk kedepannya bisa dijadikan tempat pusat penelitian pertanian skala nasional,” pungkasnya.(Sule/Ey)