Jurnal Indonesia Baru

Guna Meningkatkan Kinerja Layanan Dan Strata posyandu, 200 Peserta Mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pokjanal

JIB | Kabupaten Bekasi,- Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pokjanal dalam agenda Kegiatan Dana Hibah Revitalisasi Posyandu Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Bekasi, pada Jumat (3/20) bertempat di Hotel Primebiz Cikarang Selatan.

Dengan mengusung tema “Revitalisasi Posyandu Kita Tingkatkan Posyandu Menjadi Posyandu Multifungsi” menurut Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat DPMD Kabupaten Bekasi Mien Aminah, kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan untuk meningkatkan kinerja layanan dan strata posyandu melalui pokjanal dan unit-unit posyandu se Jawa Barat, hingga terwujudnya pembinaan posyandu di provinsi Jawa Barat oleh kelembagaan atau pokjanal Kabupaten atau Kota secara terintregatif, efektif dan efisien serta dapat meningkatkan jumlah posyandu yang berstrata mandiri.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bekasi, Juhandi yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, posyandu selama ini telah berperan penting dalam memperluas dan meningkatkan akses pelayanan keluarga berencana, dan terbukti mampu menjalankan fungsi untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

“Tentunya rapat koordinasi ini harus mengarah kepada peningkatan peran dan fungsi posyandu, agar bisa lebih membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” jelas Juhandi.

Juhandi menambahkan, posyandu merupakan organisasi sosial yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kesehatan, serta mendorong ekonomi keluarga dengan tujuan memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapat pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dari dan oleh masyarakat.

“Saya menyambut gembira rakor pokja hari ini, mudah-mudahan saja dengan adanya rakor ini kita dapat meningkatkan mutu pengelolaan posyandu tersebut, juga agar masyarakat mampu menolong dirinya sendiri melalui pengenalan dan penyelesaian masalah kesehatan secara lintas program dan lintas sektor terkait,” tambah Juhandi.

Lebih lanjut, Juhandi merasa sangat terkesan dengan kepedulian kader posyandu yang konsisten dengan memberi makanan tambahan untuk masalah penanganan gizi buruk melalui program peningkatan strata posyandu dan mandiri menjadi 60%. Terlebih Kabupaten Bekasi telah mendapat penghargaan posyandu awards tingkat Jawa Barat pada 2019 lalu.

“Tetapi perlu di ingat, bukan predikat juara yang kita kejar, melainkan bagaimana posyandu di Kabupaten Bekasi mampu berperan untuk memperluas akses pelayanan kesehatan dan keluarga berencana, dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia keluarga dan masyarakat seluruh Kabupaten Bekasi.” tutup Juhandi.

Setelah kegiatan ini resmi dibuka oleh Juhandi, kegiatan yang diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari SKPD, dan pokjanal se Kabupaten Bekasi ini juga sekaligus dirangkaikan dengan pemberian bantuan dana hibah revitalisasi posyandu Jawa Barat kepada Kabupaten Bekasi secara simbolis ke pokjanal posyandu kecamatan Tambelang, kelompok posyandu puskesmas Cibitung, dan pokja posyandu Desa Cikarang Utara.

Tidak hanya itu, dirangkaikan pula penyerahan hadiah untuk lomba posyandu tingkat Kabupaten Bekasi yang diselenggarakan pada 2019 lalu, yang dimenangkan oleh Kecamatan Cibitung, dan Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Cibarusah dan Kecamatan Setu. Serta lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRG) tingkat Kabupaten Bekasi yang dimenangkan oleh Pantai Bahagia Muara Gembong, Mekarsari Tambun Selatan, Mekarjaya Kedungwaringin, dan Sumberreja Pebayuran.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan pemaparan materi oleh Julianto, selaku narasumber dari DPMD Provinsi Jawa Barat.

(Endang/Dre)