JIB|Kabupaten Bekasi,- Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi menggelar giat Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2021, giat tersebut di laksanakan pada Rabu (22/01/2020) di Aula Kantor Kecamatan Cikarang Selatan.

Acara tersebut di hadiri oleh H. Uju Sekda Kabupaten Bekasi dan jajaran, H. Dodo Hendra Kartika Camat Cikarang Selatan beserta Muspika Cikarang Selatan, H. Holik Kodratulloh DPRD Kabupaten Bekasi dari partai Gerindra, H. Sunandar DPRD Kabupaten Bekasi dari partai Golkar, H. Cecep Noor DPRD Kabupaten Bekasi dari partai PPP, Budiyanto DPRD Kabupatem Bekasi dari partai PKS, Edi Junaedi DPRD Kabupaten Bekasi dari partai Demokrat, H. Ade Komara DPRD Kabupaten Bekasi dari partai PDIP, Polsek Ciksel, Koramil Cikarang Selatan, Kepala Desa se-Ciksel, Komunitas #Esa_Asa_Kita Korcam Ciksel dan Kordes, Karang Taruna Kecamatan Ciksel dan Desa, Kader TP PKK Ciksel, Tokoh muda Ciksel dan Tokoh Masyarakat Ciksel serta tamu undangan.

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kecamatan Cikarang Selatan Tahun Anggaran 2021 dan sebelum rapat tersebut di mulai terlebih dahulu di lakukan tari topeng oleh siswi sekolah setempat.

H. Uju di dalam rapat Musrembang tersebut dalam sambutannya dan secara garis besar menyimpulkan percepatan pembangunan di segala sektor di tiap Desa terutama di wilayah Pemda Kabupaten Bekasi, agar lebih merata dan benar-benar di rasakan oleh Masyarakat maka di perlukan komunikasi dan kerjasama yang baik antar seluruh stakeholder Muspika Cikarang Selatan dan hal tersebut agar peningkatan kualitas SDM,pelayanan publik dan infrastruktur terintegrasi yang berwawasan lingkungan serta setiap pembangunan di Desa lebih ke skala prioritas di dalam pembangunannya.

“Sehingga delapan program prioritas yang di canangkan Bupati Bekasi bisa berjalan dengan baik dan semoga untuk Anggaran yang di butuhkan oleh Kecamatan Cikarang Selatan di Anggaran Tahun 2021 bisa terealisasi untuk infrastruktur di tujuh Desa yang berada di Kecamatan Cikarang Selatan” Bebernya.

Sambung Uju, setelah Musrenbang di Cikarang Selatan selasai di lanjutkan kembali Musrenbang di Kecamatan Setu yang di laksanakan di Aula Kantor PAUD SKB Ciledug Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi dan acara tersebut berjalan dengan baik dan lancar sampai akhir acara.

Di tempat sama, Camat Cikarang Selatan, Dodo Hendra Rosika memfokuskan pada normalisasi kali Cikadu. Hal itu menjadi prioritas karena wilayah Cikarang Selatan, terdampak banjir pada malam pergantian tahun yang lalu.

“Kemarin terjadi banjir yang cukup besar. Sehingga memutus jalur transportasi. Solusinya, kami usulkan prioritas utama yaitu normalisasi kali. Saat ini, kondisinya jembatan penghubung itu masih gorong-gorong,” jelasnya.

Begitu juga Imam Santoso Plt Camat Setu saat di konfirmasi awak media online jurnalindonesiabaru.com perihal Musrembang Tingkat Kecamatan mengatakan dari 166 usulan tidak mungkin terpenuhi maka dari itu kita perlu usulan dari reka-rekan di Desa dan BPD agar untuk skala prioritas yang paling di utamakan untuk infrastruktur adalah bagi Desa yang masuk kedalam perbatasan.

“Dan untuk pembangunan yang belum terakomodir di Tahun 2019, barangkali bisa kita akomodir di Tahun berikutnya, kan setiap Anggaran Kecamatan yang di ajukan di lihat dulu dari pagu APBD Pemda, setempat dan berapa pagu Anggaran yang di butuhkan untuk tiap Kecamatan yang sangat di butuhkan untuk berbagai infrastruktur di Desa dan jelas perencanaan penggunaan Anggaran harus sangat jelas peruntukannya.” Tegasnya.

Imam menambahkan untuk Kecamatan Setu di dalam pembangunan infrastruktur baik jalan, drainase, jembatan dan bangunan yang lain, untuk lebih mengutamakan skala prioritas yang betul-betul harus di bangun pungkasnya.

Demikian dengan Dewan DPRD Kabupaten Bekasi yang hadir tersebut menyarankan agar di dalam pembangunan lebih mengedepankan azas keadilan dan merata agar pembangunan bisa terasa langsung oleh Masyarakat pungkasnya.(Dedi/Endang)