JIB | Bandung – Polri akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, dengan selalu mengedepankan pendekatan humanisme. Langkah ini ditunjukan oleh semua jajarannya dengan bersikap responsif dan mengayomi.

Bertempat di Gedung Polda Jabar Ditlantas Polda Jabar yang didukung oleh Korlantas Polri selenggarakan kegiatan Pelatihan Relawan Sinergy Media Response Team (SMART Ditlantas Polda Jabar) yang dibuka langsung oleh Kombes Pol. Eddy Djunaedi, SIK selaku Dirlantas Polda Jabar, Minggu (01-03/2020).

Dalam sambutannya Kakorlantas Polri Irjen. Pol Drs. Istiono, M.H yang dibacakan oleh Dirlantas Polda Jabar ini sangat mengapresiasi akan kehadiran para relawan, yang merupakan para aktivis medsos dalam pelatihan ini.

Ia berharap melalui pelatihan ini para relawan menyampaikan pesan-pesan positif bagi masyarakat. Serta menjadi mata dan telinga serta menyerap informasi dari masyarakat untuk kebaikan Polri dan Korlantas Polri pada khususnya.

“Melalui pelatihan ini kami berharap Anda akan menyebarkan pesan-pesan pentingnya penegakan hukum di bidang lalu lintas , inovasi pelayanan registrasi dan identifikasi (SIM, STNK, dan BPKB), dan keamanan keselamatan lalu lintas menuju Indonesia Tertib 2020, “ Ungkap Kakorlantas Polri.

Kakorlantas juga mengingatkan pesan Kapolri bahwa semua program, inovasi yang dilakukan jajaran Polri harus bermuara pada kepuasan masyarakat.

“Saya berharap kegiatan perdana ini bisa menjadi role model bagi Ditlantas Polda lain di seluruh Indonesia, bermanfaat, dan dapat diimplementasikan guna menjadi kontribusi kepada bangsa dan negara”, ujar Istiono.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa Polri saja khususnya Korlantas dan seluruh jajarannya tidak akan mampu menyebarkan pesan-pesan positif dan ajakan untuk mewujudkan Indonesia Tertib 2020 tanpa sinergi dengan masyarakat dalam hal ini relawan atau pegiat medsos yang memang memiliki kemampuan desiminasi di dunia maya, “ lanjut Istiono.

Sejalan dengan itu, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol. Edy Djunaidi menyampaikan pentingnya sinergisitas antar semua lini, karena dengan demikian akan menghasilkan pencapaian yang jauh lebih hebat.

“Pelatihan ini diikuti oleh para relawan dari 22 Polresta dan Polres se-Polda Jabar serta dari Ditlantas Polda Jabar dan Regional Traffic Management Control nya, dan juga para anggota bahkan pejabat utama Ditlantas Polda Jabar yang berjumlah 250 pesert,” Ungkap Eddy.

“Kami juga berharap kita bersama sama dapat melawan hoax – berita bohong yang berdampak merugikan masyarakat dengan menyampaikan pesan-pesan kebenaran dan klarifikasinya,” Jelas Edy.

Seusai pembukaan seluruh peserta disematkan Jaket yang merupakan simbol sinergi para relawan dengan Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jabar.

Materi pelatihan SMART DitLantas Polda Jabar diberikan oleh tim yang dipimpin Pakar Manajemen Media Dr. M. Fariza Y. Irawady, SE, MM denga tema “Hidup Positif Bermakna Besar Bagi Bangsa” .

Dalam paparannya Fariza yang juga motivator kebangsaan ini mengingatkan sosial media merupakan pisau bermata dua yang dapat memecah belah suatu bangsa namun jika digunakan secara positif memiliki manfaat besar untuk menyatukan bangsa.

“Sinergi dengan para relawan aktivis medsos yang dirangkul Dirlantas Polda Jabar ini merupakan upaya tepat untuk bersinergi mewujudkan Indonesia Tertib 2020,”ungkap Fariza.

Sementara itu Agung Fatoni seorang relawan dari Kabupaten Bandung Barat menyampaikan kesannya, “Saya merasa terpanggil dan bangga dapat bergabung sebagai Relawan SMART Ditlantas Polda Jabar, Pelatihannya menyentuh dan memotivasi kami untuk bersinergi menyebarkan pesan pesan kebaikan seluasnya dan melawan hoax , ini jadi ikrar kami, salut untuk Polri,” Kata Agung.

Acara pelatihan ditutup Wadirlantas Polda Jabar AKBP H Ahmad Fuady ,SH, SIK, MH yang menyampaikan bahwa acara ini hanyalah merupakan awal sinergi Ditlantas Polda Jabar dengan para relawan, selanjutnya kami terus berharap agar para relawan dapat menyampaikan pesan pesan dalam ikut mewujudkan Indonesia Tertib 2020.

(Andri)