JIB | KABUPATEN BEKASI – Kali Jambe yang melintasi perbatasan Kecamatan Tambun Selatan dan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi selama ini ditengarai menjadi penyebab banjir di daerah sekitar. Memasuki musim hujan, puluhan petugas kebersihan pun diterjunkan untuk mengangkut sampah dan tumpukan lumpur di kali tersebut, Sabtu (19/9/2020).

Camat Tambun Selatan Junaefi mengatakan setiap tahun di wilayahnya kerap kebanjiran dengan ketinggian satu sampai satu setengah meter. Setahun bisa dua kali kebanjiran.

“Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif membersihkan kali dari tumpukan sampah dan lumpur. “Ada sekitar 70 orang yang kita libatkan membersihkan kali ini,” ucap Junaefi.

Lebih lanjut Junaefi menyebutkan kalau sampah plastik yang paling banyak terdapat di kali sehingga menghambat aliran sungai.

”Oleh sebab itu saya menghimbau kepada para pedagang dan masyarakat sekitar jangan membuang sampah di kali karena akan berdampak kebanjiran saat musim hujan nanti,” ujarnya lagi.

Sementara terkait mengecilnya kali, Junaefi berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat supaya Kali Jambe dinormalisasi.

“Bahkan saya juga minta kali ini sekalian dibikin banjir kanal (BKT) seperti yang ada di Jakarta,” tutupnya. (Erpan)