JIB, Jonggol, Bogor,- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di The Green Villa’s Desa Sukamakmur, Kecamatan Jonggol, Jawa Barat. Rabu (15 /12 /2021). Kegiatan tersebut bertemakan Memaksimalkan Peran BPD Dalam Pemerintahan Desa.

Turut hadir dalam acara Bimtek perwakilan dari Kecamatan Cibarusah, H. Januar, Tim Ahli Pendamping Desa (TAPD) Asep Saepudin, Sekdes Cibarusah Jaya, Deden Sugiana, Kepala BPD Cibarusah Jaya, Heriyanto dan anggota BPD Cibarusah Jaya.

Camat Cibarusah Drs.Muhammad Kurnaefi melalui perwakilannya, Januar, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaan BPD Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah, yang bersemangat mengikuti Bimtek tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan BPD semua yang telah hadir pada kegiatan ini, mudah-mudahan ini akan semakin mematangkan pengetahuan kita selaku BPD ke depan nanti,” ucapnya

Dia berharap Bimtek ini untuk penguatan BPD mampu menguatkan pengetahuan, tugas dan fungsinya untuk masyarakat dan memaksimalkan peran serta BPD di pemerintahan desa.

“Dengan Bimtek ini diharapkan semakin menguatkan pengetahuan akan tupoksi BPD, menambah semangat sinergitas antara BPD dengan Pemerintah Desa ataupun elemen lainnya di desa serta memaksimalkan peran BPD itu sendiri di pemerintahan desa ,” tuturnya.

Sementara Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah , Heriyanto, mengatakan, semoga dengan Bimtek ini selain meningkatkan peran serta BPD untuk masyarakat dan pemerintah desa, juga menjadi ajang silahtuhrami.

“Semoga Bimtek ini bisa manambah wawasan dan pengetahuan mengenai peran dan fungsi BPD untuk dijalankan di Pemerintahan Desa demi kepentingan masyarakat.” kata Heriyanto selaku ketua BPD.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan dari Pemerintah Desa Cibarusah Jaya, Deden Sugiana selaku SekDes dalam sambutannya mengungkapkan, Bimtek BPD Desa Cibarusah Jaya baru terlaksana tidak bersamaan di gelar dengan desa lainnya saat menggelar Bimtek bulan lalu.

“Saya mewakili Pemerintah Desa Cibarusah Jaya mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan acara Bimtek ini semakin erat dan lebih bersinergi agar kedepannya antara BPD dengan Pemerintah Desa lebih baik lagi terjalin komunikasinya, saya juga mengucapkan terima kasih kepada awak media yang telah hadir untuk meliput kegiatan ini, walaupun kegiatannya hanya BPD Desa Cibarusah Jaya, tapi kegiatan ini harus diketahui oleh masyarakat luas melalui media yang memang tupoksinya sebagai social control.” imbuh Deden.

Asep Saepudin Tim Ahli Pendamping Desa yang menjadi Narasumber dalam acara Bimtek BPD Cibarusah Jaya saat di wawancara awak media Beksi Indonesia News mengatakan, Bimtek BPD sebagai program tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Cibarusah Jaya dan membahas perencanaan Desa tentang RKP Desa.

“Sudah saatnya kita membahas tentang RKP Desa tahun 2022 guna memudahkan tugas BPD dan terjalin komunikasi yang baik antara BPD dengan Pemerintah Desa.” pungkas Asep.

(Wati/End)