Jurnal Indonesia Baru

Pemdes Makmurjaya Bangun Kandang Domba Diduga Tidak Sesuai Kepmendes Tentang Pedoman Ketahanan Pangan

JIB | Karawang, – Ironi, Pemdes Makmurjaya Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, dalam menjalankan Program Ketahanan Pangan habiskan anggaran Dana Desa tahap pertama 2023, hingga ratusan juta untuk bangun kandang domba, Sabtu (06/05/23).

Dengan bangun kandang domba habiskan hingga ratusan juta yang dibiayai Dana Desa tahap pertama 2023, Nining selaku Kepala Desa Makmurjaya Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, dirinya menjelaskan kepada awak media, bahwa kandang tersebut sudah di monev.

“Bangunan buat kandang domba sudah di monev oleh pihak Kecamatan Jayakerta, dan biaya yang di habiskan untuk bangun kandang domba berkisar 111 juta rupiah, untuk perikanan dengan bibit ikan mujaer nilla sebesar 3 juta rupiah,” ucapnya.

Lanjut ia mengatakan, dalam menjalankan program ketahanan pangan untuk saat ini baru kandang domba, dan anggaran untuk membeli kambing menunggu anggaran Dana Desa tahap kedua tahun 2023.

“Untuk kambing yang tentunya belum dapat diketahui beberapa ekor nya yang akan di beli. Namun untuk saat ini kita mah bangun untuk kandang nya dahulu,” ungkapnya.

Hal tersebut di duga tidak sesuai dengan Keputusan Menteri Desa Nomor 82 Tahun 2022 Tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa, yang di dalamnya terdapat penjelasan untuk pembangunan kandang komunal.

Sedangkan pungsinya kandang komunal merupakan model kandang yang dapat digunakan sebagai kandang pembesaran maupun penggemukan terhadap domba domba yang sedang di pelihara. (HR – EY)