Jurnal Indonesia Baru

Pilkades PAW Pusakajaya Selatan Dimenangkan Yulike Mutiara

JIB | Karawang, – Pemerintah Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang, melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW), yang di menangkan Yulike Mutiara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Desa Pusakajaya Selatan, Rabu (17/05/23).

Dikatakan Hery Herdiana.ST, sebagai Kepala Desa PJS Pusakajaya Selatan, pada hari ini Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar, melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (PAW) Pengganti Antar Waktu. Kades antar waktu ini untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa sebelumnya yang meninggal dunia.

“Untuk mengisi kekosongan ini maka dilakukan pemilihan Kades PAW yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang,” terangnya kepada jurnalIndonesiabaru.com, Rabu (17/05/23).

Lanjut ia mengatakan, bahwa Pilkades PAW ini secara otomatis akan menyelesaikan sisa masa jabatan Kepala Desa sebelumnya. Kemudian yang bersangkutan masih diberikan kesempatan untuk dipilih kembali pada saat periodenya berakhir melalui mekanisme Pilkades reguler

“Sebelum melakukan pemilihan PAW, Pemdes Pusakajaya Selatan telah membentuk panitia pemilihan guna menerima para calon Kepala Desa PAW dan sekaligus menyeleksi para calon sesuai poin-poin yang telah ditetapkan sesuai perundang undangan,” ucapnya.

Hasil seleksi panitia, menurut Hery Herdiana ST, muncul 2 orang calon yang memenuhi syarat sesuai ketentuan yakni, Entih Marjuki dan Yulike Mutiara. Kemudian pelaksanaan PAW Desa Pusakajaya Selatan dilakukan dengan cara musyawarah yang dilakukan oleh tokoh perwakilan dari setiap dusun yang telah dipilih oleh warga masyarakat setiap dusun.

“Dari keputusan musyawarah, menghasilkan mufakat menyatakan bahwa pemilihan PAW dilakukan dengan memberikan keputusan bersama yang dilakukan para tokoh masyarakat dengan kesepakatan dan mufakat dengan menujuk langsung Yulike Mutiara menjadi Kepala Desa Penggantian Antar Waktu,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, calon yang mencalonkan mengikuti Pilkades PAW secara demokrasi dan dalam hal menang kalah merupakan hal biasa dalam berdemokrsi dan sama – sama mentaati aturan yang ada. Pemilihan Kepala Desa PAW di Desa Pusakajaya Selatan ini untuk pertama kali dilakukan, dan ini dilakukan oleh Desa Pusakajaya Selatan.

“Pelaksanaan berjalan dengan lancar, aman, tertib dan kondusif sesuai yang diharapkan, serta telah sesuai dengan aturan yang berlaku tentang pelaksanaan PAW Kepala Desa. Setelah ini panitia akan menyerahkan hasil ini ke BPD dan kemudian BPD meneruskan ke Camat, selanjutnya ke DPMD untuk proses pelantikan,” jelasnya.

Pada pelaksanaan Pilkades PAW tersebut, turut hadir Camat Cilebar, Kapolsek Wilayah hukum Cilebar, dan DPMD Kabupaten Karawang,
Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD dan tokoh masyarakat. (SULE/EY)