Jurnal Indonesia Baru

P3A Petani Telukbuyung Sejahtera, Realisasi Peningkatan Jaringan Irigasi Sesuai Spek

JIB | Karawang, – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Rabu (07/06/23).

Dikatakan, Nanang sebagai Ketua (P3A) Petani Telukbuyung Sejahtera atau sebutan (P-TGAI) Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air di Desa Telukbuyung Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, dalam pengerjaan peningkatan jaringan irigasi sesuai spek.

“Dalam melaksanakan pekerjaan yang di biayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara melalui Dinas PUPR Pusat dengan peran serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Jawa Barat, dalam pelaksanaan nya sudah sesuai juklak dan juknis,” ucapnya.

Menutnya, dalam peranannya sebagai P3A yang mendapatkan mandat dari (BBWS) Citarum Jabar adalah sebagian untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sector strategis ekonomi domestik.

“Kita sebagai pelaksana dengan mempunyai tujuan dalam rangka untuk pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah Pedesaan Telukbuyung,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, dengan adanya pembangunan turap di jaringan irigasi pertanian untuk peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif juga merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi.

“Proses untuk pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan,” pungkasnya. (SUL/EY)