Jurnal Indonesia Baru

Pemdes Tanahbaru Dalam Merealisasikan Dana Desa 2023 Membangun Dibergai Sektor

JIB | Karawang, – Pemdes Tanahbaru Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, dalam merealisasikan Dana Desa (DD) tahun 2023, besaran dana yang diterima direalisasikan untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan diberbagai sektor, dan sarana kebutuhan masyarakat sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, Senin (26/06/23).

Dikatakan, Syamsudin, Sebagai Kepala Desa Tanahbaru, bahwa pihaknya dalam merealisasikan DD tahun 2023 tahap 2 telah bekerjasama dengan lembaga yang ada di Desanya serta melibatkan warga sekitar dalam pengerjaannya, sehingga dapat mengentaskan kemiskinan serta menekan angka pengangguran.

“Realisasi (DD) tahun 2023, kami fokus untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan, diantaranya membangun jalan lingkungan (jaling) di Dusun Bugis Utara RT 10/02, dan jalan setapak (japak) di Dusun Melayu RT 11/03,” ucapnya, waktu ditemuii jurnalindonesiabaru.com, diruang kerjanya, Senin (26/06/23).

Selain itu, sebagian Dana Desa tahap 2 tahun 2023, dalam realisasinya diperuntukkan pembangunan panggung serbaguna yang masih di Dusun Bugis Utara, RT 10/02, dan Bantuan Langsung Tunai yang di salurankan langsung ke masyarakat miskin.

“Pemdes Tanahbaru membangun panggung serbaguna bertujuan untuk mengkaper semua kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan kebutuhan nya. Dan realisasi BLT kini dapat di rasakan langsung oleh masyarakat yang benar – benar sangat membutuhkan bantuan,” terangnya.

Menurutnya, peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan yang sudah dikerjakan kini mulai dapat dirasakan dalam perubahannya. Karena hasil pembangunan tersebut kini sudah bisa dinikmati masyarakat setempat, karena selama ini menurutnya kondisi jalan – jalan tersebut sudah rusak parah hingga merlukan pembangunan.

“Semua dalam merealisasikan Dana Desa tahap 2 tahun 2023 untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan yang telah rampung, dalam pelaksanaannya secara swakelola dengan melibatkan masyarakat Desa sendiri, tidak melibatkan pemborong,” ujarnya.

Lanjut, Syamsudin mengatakan, pembangunan yang sudah dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar, terutama dalam penggunaan tenaga kerja. Sesuai tujuan dari digelontorkannya Dana Desa kepada masing-masing Desa dengan mengutamakan dalam pengerjaannya warga sekitar.

“Hal tersebut, harapan saya dapat menjaga kerukunan antar warga dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dengan skala prioritas yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat menjamin pemanfaatan sumber daya secara optimal. Dan pastinya dalam pengerjaannya kita berdayakan masyarakat setempat, sesuai nawacita Pak Jokowi,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Nasir sebagai tokoh masyarakat, mengatakan bahwa masyarakat mengapresiasi atas kinerja Pemdes Tanahbaru, dengan terbukti adanya peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan di berbagai sektor yang dapat meningkatkan perekonomian.

“Dengan terwujudnya pembangunan melalui berbagai kajian potensi yang mencakup segala aspek sehingga semua kebutuhan masyarakat sekitar dapat terakomodir. Selain itu dapat menciptakan lingkungan menjadi sehat dan aman,” pungkasnya.(SUL/EY)