Jurnal Indonesia Baru

Tim Monev Kecamatan Cilebar Bekerja Sesuai SOP

JIB | Karawang, – Monev Banprov yang dilakukan Tim dari Pihak Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang di Desa Tanjungsari dengan tujuan agar segala kegiatan pekerjaan sesuai dengan pengajuan dan tepat sasaran serta sebagai dasar verifikasi pengajuan dalam percepatan penyerapan dana anggaran di tahun selanjutnya, Selasa (15/08/23).

Yuda Hudaya S.Kep sebagai Kasi PMD Kecamatan Cilebar mewakili tim dari pihak Kecamatan mengatakan, bahwa Monev yang dilakukan di Tanjungsari ini merupakan agenda kegiatan rutin sesuai dengan peraturan tentang struktur organisasi yang sudah di tetapkan Kabupaten.

“Monev penting dilakukan tujuannya untuk melihat langsung administrasi serta pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa,” ujarnya.

Dengan terjun langsung dilakukan pemeriksaan, lanjutnya mengatakan hal ini akan memberikan dampak positif serta nilai edukasi bagi Pemerintah Desa khususnya dalam penanganan masalah pengelolaan keuangan pembangunan di Desa.

“Selain cek fisik dengan kondisi riil pengerjaan di lapangan dari dana transfer tahun ini, juga lihat kelengkapan administrasinya. Dan saya berharap dana tersebut dikelola dengan baik oleh pemerintah desa secara bertanggungjawab,” terangnya.

Pihaknya pun mengaku bangga, dari hasil Monev di lapangan yang menyatakan realisasi anggaran Bantuan Provinsi 2023 di Desa Tanjungsari Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang sesuai dengan pengajuan dan APBDes 2023 yang telah diundangkan.

‚ÄúSemoga kehadiran Tim dari Pihak Kecamatan yang telah melakukan Monev akan bermanfaat serta jadi perhatian bagi para Pemerintah Desa, untuk bisa membantu secara preventif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan anggaran,” pungkasnya. (SUL/EY)