Friday, October 25, 2024
HomeKarawangPemdes Kutaampel Tetapkan Skala Prioritas RKPDes 2023 - 2024 Dalam Kegiatan Musrenbangdes

Pemdes Kutaampel Tetapkan Skala Prioritas RKPDes 2023 – 2024 Dalam Kegiatan Musrenbangdes

JIB | Karawang, – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan, Senin (04/09/23).

Rosadi Gunawan, sebagai Kepala Desa Kutaampel Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang menyampaikan, dengan dilaksanakannya kegiatan Musrenbangdes dalam rangka penetapan skala prioritas Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2023 – 2024.

“Dengan mencermati program – program yang ada RPJMDes dan melalui prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan, akhirnya disepakati program-program apa saja yang menjadi prioritas dan akan masuk ke dalam RKPDes Tahun Anggaran 2024,” terangnya.

Menurutnya, bahwa Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga masyarakat desa kutaampel bersama para tokoh dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Pelaksanaan kegiatan ini bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara menggali potensi dan sumber – sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, dilaksanakan nya kegiatan Musrenbangdes selain membahas RKP Desa Tahun 2023, kegiatan juga membahas Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan Desa (DU-RKPDes) Tahun 2024 (Supra Desa) yang akan dibawa ke forum yang lebih tinggi yaitu Musrenbang Tingkat Kecamatan.

“Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, dihadiri oleh Camat Batujaya yang Diwakili Kasi PMD, Perangkat Desa, Ketua BPD Beserta Jajaran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda atau Karang Taruna, Pendamping Desa, Babinsa, Kamtibmas, dan unsur perwakilan perempuan serta elemen lembaga lainnya,” pungkasnya.

Kegiatan Musrenbangdes berjalan lancar, kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kantor Desa Kutaampel Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, dengan mendapatkan kesepakatan untuk skala prioritas Rencana Kerja Pembangunan Desa 2024 yang lebih baik. (SUL/EY)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular