Jurnal Indonesia Baru

Fikom Unisba Menggelar Tiga Kegiatan Sekaligus dalam Rangka Acara Puncak Milad Fikom Unisba ke-41

JIB |BANDUNG,-  Fikom Unisba menggelar Sidang Terbuka Senat Fikom Unisba dalam rangka memperingati milad Fikom Unisba ke-41. Acara ini adalah acara puncak dari rangkaian acara milad Fikom Unisba yang dimulai tepat pada tanggal didirikannya Fikom Unisba yakni 7 Juni tahun 1983.

Selain dihadiri oleh publik internal Unisba mulai dari petinggi yayasan hingga rektorat, acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan publik mulai dari perwakilan pemerintahan daerah, pejabat media, asosiasi profesi, universitas di Bandung Raya, para kepala sekolah, alumni, dosen, serta rekanan Fikom Unisba lain di sektor entrepreneurship.


Pada sidang tersebut juga disampaikan orasi Ilmiah oleh Wakil Dekan III Fikom Unisba, Dr. Tresna Wiwitan, M.Si. berjudul “Intersection Public Relations, Social Media, and Storytelling” yang mengkritisi tentang praktek PR pada perusahaan.

Dalam orasinya, Tresna Wiwitan mengeksplorasi perluasan cakupan PR Perusahaan dalam ranah media sosial, dengan berfokus pada integrasi storytelling dan teori dialogis sebagai komponen penting dalam praktik PR kontemporer.

Merujuk pada kerangka Teori Dialogis Kent dan Taylor, yang menekankan pentingnya dialog dan keterlibatan organisasi dengan publik Paparan ini mengkaji bagaimana profesional PR Perusahaan memanfaatkan platform media sosial untuk mendorong dialog yang bermakna dengan para pemangku kepentingan. Selain itu, studi literatur ini juga mengkaji dan menganalisis penggunaan strategis dari storytelling dalam konteks media sosial,.

Dengan mensintesis elemen-elemen tersebut, artikel ini memberikan wawasan tentang persimpangan dinamis antara PR, media sosial, storytelling, dan teori dialogis.


Masih di hari yang sama, digelar Mubes IKA Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) untuk memilih ketua IKA MIKOM periode 2024-2026. pada Mubes tersebut terpilih Herwan H. Sumadipura, S.I.Kom., M.I.Kom. sebagai Ketua dari angkatan 2016  dan
Muhammad Herry Wirawan, S.E., M.Si. sebagai Wakil Ketua dari angkatan 2012. Pada hari tersebut tidak hanya diselenggarakan Sidang Senat Terbuka dan Mubes IKA MIKOM, masih menjadi puncak acara milad diadakan juga Homecoming Day Vol. II, yaitu sebuah acara yang dihadiri oleh para alumni untuk bersama-sama bernostalgia dan menjalin silaturahmi bersama keluarga besar Fikom Unisba.

Homecoming Day dibuka dengan persembahan kecapi suling khas Sunda, sambutan ketua angkatan, hingga permainan kelompok dengan berbagai hadiah dan doorprize. Dekan Fikom Unisba, Prof. Dr. Atie Rachmiatie, M.Si. yang turut hadir dalam setiap acara puncak berpesan sekaligus berdo’a agar setiap elemen civitas Fikom Unisba bisa terus rukun, berhasil mendapat capaian yang tinggi di lingkungan kerjanya sekarang, produktif untuk meningkatkan kapasitas diri dan senantiasa berkontribusi mengembangkan lembaga Fikom Unisba.