JIB | Probolinggo – Desa Gemito Kecamatan Sumber adalah desa yang ada di lereng pegunungan Argopuro memang masih banyak akses jalan yang perlu dapat perhatian dari pemerintah Daerah Kabupten Probolinggo, Rabu (09/01/2019).

Hal ini masih banyak jalan-jalan desa yang tidak layak dilewati pengguna jalan, Desa yang mengalir ke desa Gemito masih belum cukup untuk membangun sarana dan prasarana utamanya jalan didesa.

Dengan semangat gotong royong masyarakat Gemito bersama Kepala Desa tersebut bergotong royong membangun jalan sepanjang 300 meter lebar 1 meter demi lancarnya akses jalan dua desa tersebut.

Menurut Agung sebagai kepala desa harus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk membangun dengan cara gotong royong, sebenarnya jalan sepanjang 300 meter tersebut hanya diperuntukan pengendara motor dan pejalan kaki saja, karena kalau musim hujan seperti saat ini kondisi jalan sangat licin sehingga membahayakan pengguna jalan utamaya anak-anak sekolah.

“Sebenarnya jalan tersebut bukan kewenagan desa Gemito, namun seharusnya desa Tukul yang berkewajiban membangun jalan tersebut karena berada di wilayah desa Tukul
Numun karena tidak adanya kepedulian dari desa Tukul sehingga Kepala Desa Gemito bersama msyarakat dengan semangat memperbaiki jalan tersebut” Jelas Kepala Desa Gemito Agung kepada media online jurnalindonesiabaru.com di lokasi.

Masih kata Agung, Dengan dibangunnya jalan tersebut diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan di Desa Tukul dan Desa Gemito serta desa lain disekitarnya.

“Terkait dengan pembangunan jalan tersebut pihak kepala Desa Gemito sudah kordinasi dengan pihak pihak terkait untuk memperlancar akses jalan” Tutupnya (angs)