Jurnal Indonesia Baru

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum : Gelar Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di Cianjur

JIB | KAB. CIANJUR – Sebagai bentuk keprihatinan terhadap banyaknya peristiwa kecelakaan lalu lintas, Wakil Gubernur Jawa Barat bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar dan Polres Cianjur menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas di Hotel Delaga Biru, Jl. Raya Cipendawa, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Minggu (13/1/19).
Sosialisasi ini dihadiri ratusan masyarakat pengemudi dan komunitas atau ormas kepemudaan, seperti Paguyuban Motor Ojek Cianjur (PMOC), Pasgar (Paguyuban Silaturahmi Garut), dan Karang Taruna Kabupaten Cianjur.

Sementara narasumber pada acara sosialisasi ini yaitu Kepala Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat Diding dan Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Cianjur Ipda Jaelani.

“Sosialisasi ini kami gelar atas keprihatinan kami dari Pemdaprov Jawa Barat, karena terus adanya korban kecelakaan lalu lintas,” ujar Uu dalam arahannya.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat meminimalkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Data menunjukkan kecelakaan lalu lintas yang di Indonesia sekitar 60% diantaranya terjadi pada kendaraan roda dua, 18% mobil pribadi, 11% angkutan barang, 8% angkutan penumpang, dan 1% kendaraan tidak bermotor.

Untuk itu, pada kesempatan ini Uu mengajak masyarakat mentaati semua peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama dalam berlalu lintas.

“Apa yang disampaikan Dishub dan kepolisian tadi harus menjadi ilmu dan informasi,” ujar Uu.

“Mari kita laksanakan, kita lakukan, bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk pribadi kita. Kita selamat kita untung, kita celaka kita yang rugi,” tukasnya.

Secara keseluruhan angka kecelakaan terus menurun, namun kecelakaan pada kendaraan roda dua trennya terus meningkat. (Asep)