JIB | Sumatera Utara- Kelurahan Bagan Arya Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara telah terjangkit dari hama serangga tomket, salah seorang dari personil LPK (Lembaga Pemberantas Korupsi) DPD Sumut, telah terkena dari serangan wabah serangga tomket, yang mana dari damprat serangga tomket ini apa bila terkena pada kulit, maka kulit tersebut akan melepuh seperti habis terkena api atau air panas. Jum’at (12/04/2019).

Masyarakat di Kelurahan Bagan Arya sudah mulai cemas dengan adanya serangga tomket tersebut, maka dari salah seorang dari personil LPK ini, mengadukan perihal tersebut kepada pihak Puskesmas Kecamatan Tanjung Tiram, atas kerjasama antara masyarakat dan personil LPK tersebut, aspirasi yang disampaikan di terima oleh pihak Puskesmas dari kecamatan Tanjung Tiram.

Pada hari jumat tanggal 12 april 2019 jam 11 00 WIB, pihak dari puskesmas hadir di Kelurahan Bagan Arya, bertujuan untuk mengadakan fogging, penyemprotan pencegahan atas serangga tomket tersebut, ada pun pihak dari Puskesmas Kecamatan di dampingi oleh pihak dari kelurahan yang di hadiri langsung oleh dari kepala lingkungan 10 dan 11.

Masyarakat yang telah terkena oleh dari serangga tomket tersebut disarankan oleh dinas kesehatan kecamatan agar dapat berobat di puskesmas terdekat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tiram dr. Rodiah dan di dampingi dengan bidan Deliana Desa Bagan Arya mengatakan, pihak dari Puskesmas Kecamatan Tanjung Tiram pun langsung mengadakan Fogging atau penyemprotan pencegahan atas terjangkitnya dari serangga tomket tersebut.

“Kami bersama bidan lainnya dari Puskesmas Kecamatan akan terus berusaha, untuk penyemprotan pencegahan dari serangga tomket tersebut agar masyarakat tidak terkena serangga tomket yang meresahkan” Jelasnya.

Masih kata dr. Rodiah, Alhamdulillah acara penyemprotan fogging tersebut berjalan dengan baik, semoga masyarakat bisa menikmati dari hasil fogging dan tidak terkena lagi oleh gigitan tomket.

Lain halnya Wakil Ketua DPD LPK Sumatera Utara Alfuad Lubis mengatakan. Kami selaku perantara dari masyarakat menyatakan sangat berterima kasih kepada team kesehatan Puskesmas Kecamatan Tanjung Tiram atas terealisasinya fogging dan penangangan yang cepat dan tanggap terhadap korban tomket tersebut.

“Untuk mengatasi wabah serangan binatang tomket yang terjadi di daerah Kelurahan Bagan Arya, agar masyarakat bisa untuk aktif kembali untuk melaksanakan aktivitas seperti biasa kembali” Ujarnya.

Lanjutnya Alfuad. Semoga apa yang kita laksanakan dalam penyemprotan fogging ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat setempat dan menjadi ladang ibadah.

Atas kerjasama antara personil dari LPK DPD Sumut dan DPC LPK Batubara, serta Puskesmas Kesehatan Kecamatan, kemudian di bantu oleh masyarakat yang di dampingi dengan kepala lingkungan setempat telah sukses melaksanakan penyemprotan fogging berjalan dengan baik. (A.Lub)